Jumat, 21 Juni 2013

Bawaslu Kalbar Lakukan Fit and Proper Test Anggota Panwaslu 14 Daerah

KBRN, Pontianak : Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Propinsi Kalbar tengah melakukan fit and proper test (Uji Kepatutan & Kelayakan) terhadap para calon anggota Panwaslu 14 Kabupaten Kota di Kalbar. Fit and proper test telah dimulai Bawaslu 30 Mei dan berlangsung hingga 8 Juni 2013. 

"Beberapa daerah telah menyelesaikan fit and proper test yakni ; Kabupaten Ketapang, Kayong Utara, Kubu Raya, Pontianak dan Kota Pontianak. Sedangkan hari ini kita melakukan fit and proper test terhadap para calon anggota Panwaslu di Kabupaten Kapuas Hulu," ujar anggota Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Propinsi Kalbar, Krisantus Heru Siswanto, Sabtu (01/6/13). 

Selanjutnya, sambung Heru, kegiatan serupa akan berlangsung di Kabupaten Sambas, Kota Singkawang dan Kabupaten Bengkayang, Sintang, Melawi, Sekadau, Sanggau dan Landak. 

"Mereka yang nantinya berhasil lolos, bakal menjadi anggota Panwaslu periode 2013 – 2018 di daerah masing – masing," terang Heru. Sementara Bawaslu telah menjadwalkan pelantikan anggota Panwaslu 14 Kabupaten Kota dilakukan serentak 14 Juni 2013 di Kota Pontianak. 

Heru menambahkan, selain melakukan fit and proper test terhadap para calon anggota Panwaslu, kegiatan Bawaslu di daerah juga sekaligus melakukan supervisi terhadap pelaksanaan tahapan Pemilu 2014 serta pelaksanaan Pilkada 4 daerah yakni Kota Pontianak, Kabupaten Pontianak, Sanggau dan Kubu Raya. 

"Tugas pengawasan di seluruh Kabupaten Kota yang menyelenggarakan tahapan Pemilu 2014 maupun Pilkada tahun 2013 terpaksa diambil-alih oleh Bawaslu propinsi Kalbar, karena Panwaslu di daerah setempat yang belum terbentuk," tambahnya. 

Lebih lanjut, Heru mengungkapkan sejauh ini pihaknya belum menemui masalah terkait tahapan pencalonan anggota DPR RI, DPD maupun DPRD oleh KPU. 

Kendati demikian, bagi peserta Pemilu yang merasa berkeberatan terkait pencalonan dapat melayangkan surat ke Bawaslu propinsi Kalbar, melalui email bawaslu_kalbar@yahoo.com atau dapat datang langsung ke Kantor Bawaslu propinsi Kalbar. 

Terkait Pilkada di 4 daerah, Heru mengakui, bahwa Bawaslu telah menerima 1 laporan mengenai adanya dukungan ganda terhadap salah satu bakal calon dari jalur perseorangan di Kabupaten Kubu Raya, dan hal itu telah ditindaklanjuti Bawaslu.

0 comments:

Posting Komentar