Rabu, 06 Juni 2012

PILGUB KALBAR 3 ATAU 4 KANDIDAT ?

KPU Kalbar Selasa (05/06/12) secara resmi telah membuka pendaftaran bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur Kalbar untuk jalur parpol. Pendaftar pertama adalah pasangan Abang Tambul Husein – Barnabas Simin. Keduanya tiba sekitar pukul 09.00 WIB dan diterima langsung oleh Ketua KPU Kalbar, AR. Muzammil.

Pasangan Tambul Husein - Barnabas Simin diusung 18 partai, dengan jumlah 548.349 suara atau 26 % suara hasil Pemilu Legislatif 2009. Jumlah tersebut melebihi batas minimal pencalonan yang dipersyaratkan KPU yakni sebanyak 15 %. Namun, keputusan final maju atau tidaknya pasangan yang mengusung jargon BERKIBAR ini masih menunggu hasil verifikasi KPU.

Berselang beberapa jam kemudian, tepatnya di Hotel Orchardz Ketua DPW PAN Kalbar, Ikhwani A. Rahim menyerahkan SK DPP PAN kepada Morkes Effendi – Burhanuddin A. Rasyid, terkait penetapan mereka berdua sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur dari partai berlambang Matahari terbit ini.

Morkes Effendi merupakan politisi kawakan yang mengetuai DPD Partai Golkar Kalbar, sedangkan Burhanuddin A. Rasyid merupakan Wasekjend DPP PAN untuk Bapilu Wilayah kalbar. Pasangan yang mengusung jargon ”Bangkit Melawan” ini diperkirakan mendafar ke KPU antara tanggal 8 atau 9 Juni 2012.

Masuknya PAN kian memperkuat posisi Morkes – Burhanuddin untuk memenangkan Pilgub, karena sebelumnya PKS, PBR, PKNU, Partai Pakar Pangan dan PIP telah siap membentuk koalisi besar.

Ada 2 agenda politik penting yang berlangsung di Kalbar kemarin, tetapi yang menjadi bahan pembicaraan oleh pengamat politik, bukanlah kedua agenda tadi atau peluang kedua pasangan tersebut. Melainkan masih berpeluangkan Mayjend. TNI Armyn Alianyang untuk maju dalam Pilgub Kalbar. Pasalnya, dengan masuknya PAN kedalam barisan koalisi Morkes – Burhanuddin, kini tinggal 2 parpol yang masih memungkinkan menjadi perahu sang Jendral yakni PPP dan Hanura. PPP memiliki 5 kursi di DPRD Kalbar, sedangkan Hanura 4 kursi. Jika kedua parpol tersebut berkoalisi maka memenuhi syarat untuk mencalonkan 1 pasangan calon, karena memperoleh 15 % dari 55 kursi di DPRD Kalbar.

Kasak – kusuk di luar, kedua parpol tersebut kemungkinan mengarah ke Morkes – Burhanuddin. Jika itu terjadi, maka sudah dapat dipastikan Pilgub Kalbar kali ini diikuti 3 kontestan. Kontestan ketiga adalah pasangan incumbent Cornelis – Christiandy Sandjaya yang menurut rencana mendaftar ke KPU tanggal 9 Juni 2012. Tapi, itu hanya kasak – kusuk, yang juga hanya berlandaskan asumsi semata.

Beberapa pemerhati masalah politik yang enggan menjadi nara sumber atau namanya di ”mediakan”, menilai Armyn bukannya masih berpeluang maju atau tidak, tapi sebenarnya sudah pasti maju atau menjadi kontestan keempat. Dan kedua parpol yang masih belum mengumumkan calon tadi sebenarnya sudah bersedia membawa Armyn untuk menyusuri alur Pemilukada. Lalu kenapa belum terdengar suaranya atau belum tertangkap sinyalnya?? Persoalannya adalah Armyn belum punya Wakil atau pendamping. Pasalnya, figur yang dilirik untuk menjadi wakilnya, tadi pagi telah mendaftar ke kPU. Betulkah ...? Kita tunggu saja besok !  

0 comments:

Posting Komentar