Sabtu, 31 Maret 2012

Sinyal kenaikan BBM ..??

   Untuk sementara waktu rakyat Indonesia bisa sedikit bernafas lega, karena BBM bersubsidi tidak jadi naik 1 April 2012. Sidang Paripurna DPR RI yang berakhir Sabtu (31/03/12) dini hari, akhirnya membatalkan rencana Pemerintahan SBY yang menuai protes dari berbagai kalangan ini. Terkecuali terjadi kenaikan harga minyak mentah dunia, yang harus disikapi Pemerintah melalui kenaikan harga.

Keputusan tersebut diambil melalui voting terbuka, dimana sebanyak 356 anggota dewan menyetujui kenaikan BBM, asalkan harga minyak mentah rata – rata Indonesia dalam kurun waktu 6 bulan berjalan mengalami kenaikan atau penurunan lebih dari 15 persen.

Para anggota dewan yang memilih opsi kedua ini berasal dari fraksi Demokrat, Golkar, PAN, PKB dan PPP.

Sedangkan 82 anggota dewan yang tetap menolak kenaikan BBM dalam kondisi apapun sesuai opsi Pertama, berasal dari fraksi PKS dan Gerindra. 
Sementara itu, fraksi PDI Perjuangan dan Hanura memilih untuk walk out atau keluar sidang, karena opsi kedua dianggap inkonstitusional lantaran memberikan kesempatan kenaikan BBM berdasarkan harga pasar.

Sidang Paripurna yang dipimpin Ketua DPR RI Marzuki Ali sejak awal memang berjalan alot dan diwarnai dengan hujanan interupsi dari anggota dewan.

Melalui Stasiun TV One yang menyiarkan secara langsung, terlihat beberapa politisi PDI P, Maruarar Sirait dan Puan Maharani naik ke atas podium memprotes kepemimpinan Marzuki Ali.

Kericuhan kecil juga sempat terjadi di balkon Paripurna, ketika beberapa mahasiswa memprotes hasil sidang.

0 comments:

Posting Komentar