Senin, 02 April 2012

5 parpol bentuk koalisi besar

Sebanyak 5 parpol Minggu (01/04/12), sepakat membentuk koalisi untuk mengusung 1 pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar tahun 2012. Kelima partai tersebut yakni ; PPP, PAN, PKS, Partai Hanura dan PBR.

Deklarasi berlangsung di Hotel Kartika Pontianak dan dihadiri oleh Ketua dari masing – masing parpol, yakni Ketua DPW PPP Ahmadi Usman, Ketua DPW PAN Ikhwani A. Rahim, Ketua DPW PKS Fatahillah Abrar, Ketua DPD Partai Hanura Baharuddin Nahris dan Ketua DPW PBR Rudyanto Sulaiman.

Kepada para wartawan seusai deklarasi, Ketua DPW PPP Ahmadi Usman mengatakan, kelima parpol sepakat untuk mengikatkan diri kedalam suatu koalisi besar, atas dasar pandangan dan sikap politik yang sama.

Kesepahaman tertuang dalam penandatangan kesepakatan yang memuat 7 pointer antara lain ; kriteria pasangan calon yang diusung koalisi parpol mengedepankan profesionalisme, elektabilitas yang tinggi dan mengutamakan persatuan & kesatuan ; penentuan pasangan calon sepenuhnya disepakati dalam koalisi, dengan mempertimbangkan dan menjalankan mekanisme internal masing – masing partai.
Di tempat yang sama, Sekretaris DPW PAN Kalbar Syarif Izhar Asyuri menerangkan, dalam rentang waktu sejak disepakatinya kesepahaman tersebut, hingga memasuki masa akhir pendaftaran yang ditetapkan oleh KPU, koalisi masih terbuka untuk parpol lain yang ingin bergabung, asalkan memiliki komitmen yang sama dalam mengusung calon Kepala daerah.

Sementara itu, Ketua DPW PKS Kalbar Fatahillah Abrar menyebutkan koalisi parpol telah memiliki sebanyak 19 kursi di DPRD Kalbar, melampaui syarat minimal untuk mencalonkan pasangan calon sebanyak 9 kursi atau 15 % dari 55 anggota DPRD Kalbar hasil Pemilu Legislatif tahun 2009. Dengan rincian ; PPP sebanyak 5 kursi ; PAN, PKS dan Hanura masing – masing 4 kursi dan PBR 1 kursi.

0 comments:

Posting Komentar