Minggu, 03 Februari 2013

TUGU KHATULISTIWA MULAI DIDISAIN

Pemerintah Kota Pontianak tahun ini memulai disain ulang terhadap bangunan di bawah Tugu Khatulistiwa di Jalan Khatulistiwa Kelurahan Batu Layang. Khusus bangunan, akan didisain bercorak etnis Melayu Pontianak. 

"Rencananya di lokasi tersebut juga akan dibangun Museum Kota Pontianak, sehingga para pengunjung nantinya dapat memperoleh berbagai informasi seputar Kota Pontianak," ujar Walikota Pontianak Sutarmidji, saat memberikan sambutan pada Peresmian Kolam Air Mancur Taman Alun Kapuas Sabtu (19/1/13) malam. 

Sutarmidji mengatakan, penataan kawasan Tugu Khatulistiwa dilakukan secara menyeluruh, hingga ke pinggiran Sungai Kapuas. "Saya berharap sayembara yang dilakukan tahun ini dapat selesai, sehingga pengerjaan fisik dapat dimulai tahun depan," terangnya. 

Beberapa tahun terakhir, sambung Sutarmidji, Pemerintah memang memfokuskan penataan pada ruang publik, yang di sisi lain tentu menyedot anggaran daerah. Tapi yang sangat positif, program Pemerintah tersebut didukung anggaran yang stabil, lantaran tidak pernah mengalami defisit. Bahkan, APBD Kota Pontianak tahun 2012 masih memiliki sisa anggaran mencapai 110 milyar. 

"Namun hal itu bukan karena anggaran tidak terserap atau program Pemerintah tidak berjalan, melainkan karena over target penerimaan," jelasnya seraya mengatakan, pada APBD Perubahan 2013 sisa anggaran dapat dipergunakan untuk peningkatan dan pembenahan ruang publik yang lain, infrastruktur jalan maupun gang di Kota Pontianak. 

Sutarmidji melanjutkan, Pemerintah Kota Pontianak tahun ini kembali membangun Air Mancur di bundaran Universitas Tanjungpura (Untan), untuk menjadi icon kedua menyusul Kolam Air Mancur di Taman Alun Kapuas. 

"Bahkan, lebih bagus dari Taman Alun Kapuas dengan nozzle Air Mancur mencapai 300, hanya bedanya tidak didisain menari atau bergoyang," tambahnya. Menurutnya, Penataan bundaran Untan memang perlu mengingat berada di jalan protokel. Kemudian Pemerintah Kota juga akan menata bundaran di Kantor Pos Pontianak, sehingga menambah keindahan dan keasrian Kota Pontianak. 

Di bagian lain, Sutarmidji menjanjikan pembangunan Pasar Flamboyan tahun ini dapat rampung, sebelum masa jabatannya sebagai Walikota Pontianak berakhir. Menurutnya gonjang – ganjing terkait pasar Flamboyan maupun pro dan kontra di masyarakat menyikapi pembangunan yang dijalankan Pemerintah adalah hal yang biasa. 

Begitu pula masalah yang selalu muncul setiap kali kegiatan pembangunan berjalan. "Tapi, Pemerintah tidak perlu takut menghadapi masalah tersebut, karena hal itu justru tidak akan pernah menyelesaikan masalah," tandasnya.

0 comments:

Posting Komentar