Minggu, 03 Februari 2013

AIR MANCUR PERINDAH TAMAN ALUN KAPUAS

Ratusan warga Kota Pontianak Sabtu (19/1/13) malam, memadati Taman Alun Kapuas untuk menyaksikan Peresmian Kolam Air Mancur di Taman Kota tersebut. Peresmian ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Walikota Pontianak Sutarmidji SH. 

Air mancur tersebut didisain seperti menari mengikuti irama musik dari sound system yang dipasang, sehingga menjadi tontonan menarik bagi warga. Selain menayangkan slight Kilas Balik Pembangunan Kota Pontianak, acara juga dimeriahkan dengan penampilan tarian dari Sanggar Andari. 

Ditemui usai peresmian, Sutarmidji mengatakan, Pontianak sebagai ibukota propinsi Kalbar, memang perlu penataan agar menjadi indah dan asri, salah satunya adalah dengan membangun Taman Kota. 

"Pembangunan Taman juga bertujuan sebagai tempat rekreasi keluarga yang murah bagi masyarakat," ujar Sutarmidji. 

Untuk menjaga keamanan, Sutarmidji mengatakan, selain merekrut 4 orang Satpam, Pemerintah dalam waktu dekat juga akan memasang beberapa unit CCTV, untuk memonitor semua aktifitas pengunjung selama berada di dalam taman. 

"Tapi saya minta masyarakat untuk turut menjaga keindahan Taman yang telah dibangun, termasuk memelihara semua fasilitas yang ada di taman tersebut," terangnya. 

Terkait kebersihan Taman, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Pontianak, Utin Srilena mengatakan, khusus untuk perawatan tanaman dan kebersihan Taman telah direkrut sebanyak 12 petugas. 

"Untuk pengangkutan sampah menuju tempat pembuangan sementara (tps), kita telah menyediakan armada khusus dan petugas tersendiri," tambahnya. 

 Sementara itu, Ahli Konstruksi Prof. Ir. Abdul Hamid menyambut gembira penataan Taman Alun Kapuas sehingga dapat menjadi salah satu tempat rtekreasi keluarga. Menurutnya keberadaan Taman di kota - kota besar, sudah menjadi kebutuhan masyarakat. 

"Tapi, kalau bisa pembangunan Taman juga di kawasan lainnya di Kota Pontianak, jadi tidak hanya terfokus di sisni," pinta Hamid. 

Sebelumnya Kepala Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Perumahan Kota Pontianak, Ismail menjelaskan, pembuatan Kolam Air Mancur merupakan bagian dari penataan menyeluruh Taman Alun Kapuas. Pembangunan Taman dimulai sejak tahun 2012, yakni penataan landscape yang meliputi pembuatan kolam dan halaman. 

"Pengerjaanya dilanjutkan kembali pada tahun 2013 ini, mencakup penuntasan halaman, pagar, saluran air, penataan PKL serta konstruksi pendukung seperti tribun untuk penonton," jelasnya saat memberikan sambutan. 

Ismail menyebutkan, biaya pembangunan Taman Alun Kapuas diangarkan pada APBD Kota Pontianak tahun 2012 sebesar 5,7 milyar rupiah. "Sedangkan di APBD 2013 telah dianggarkan dana lanjutan pembangunan sebesar 3,4 milyar rupiah," katanya.

0 comments:

Posting Komentar