Senin, 07 Januari 2013

5 PASANGAN PILKADA KKU PERIKSA KESEHATAN

Lima pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Kayong Utara periode 2013 – 2018, mulai Senin (7/1/13) menjalani pemeriksaan kesehatan di kota Pontianak. Kelima pasangan tersebut diperiksa oleh tim dokter di dua Rumah Sakit yang telah ditentukan KPU Kabupaten Kayong Utara (KKU) dan IDI wilayah Kalbar yakni RSUD Dr. Soedarso dan RS Khusus Jalan Alianyang. 

Sekretaris IDI wilayah Kalbar, dr. Martiyanti yang juga salah satu anggota tim dokter tersebut mengatakan, pemeriksaan berlangsung selama dua hari dan masing – masing pasangan mendapat giliran untuk diperiksa. Pada hari pertama tiga pasangan dijadwalkan menjalani pemeriksaan di RSUD Dr. Soedarso, sedangkan hari kedua dua pasangan lainnya dijadwalkan mengikuti pemeriksaan kesehatan di RS Khusus Jalan Alianyang. 

"Khusus pada hari kedua, bagi 3 pasangan yang telah melakukan pemeriksaan kesehatan di RSUD Dr. Soedarso akan beralih menjalani pemeriksaan kesehatan di RS Khusus dan begitu sebaliknya untuk dua pasangan lainnya," ujar Martiyanti. 

Ditambahkannya, pemeriksaan kesehatan terhadap 5 pasangan calon bupati dan wakil bupati Kayong Utara ditangani 19 dokter. Pemeriksaan mencakup 12 item mulai dari panca indera, organ dalam hingga psikologis termasuk indikasi penggunaan obat-obatan terlarang. 

"Sedangkan batas waktu penyerahan laporan hasil pemeriksaan dari tim dokter kepada KPU Kabupaten Kayong Utara (KKU) diperkirakan tanggal 12 Januari 2013," terangnya. 

Sementara itu, Wakil Ketua IDI wilayah Kalbar, Nursyam Ibrahim menerangkan, bahwa pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh tim dokter menggunakan standar yang dipersyaratkan untuk pemeriksaan para calon pejabat, dan hal itu berlaku secara umum di Indonesia. 

"Namun, hasil pemeriksaan tersebut bersifat rahasia dan hanya boleh diketahui oleh KPU KKU," tadas Nursyam. 

Seperti diketahui, hasil pemeriksaan kesehatan para pasangan calon bupati dan wakil bupati Kayong Utara tersebut, menjadi salah satu syarat bagi KPU KKU untuk menyatakan pasangan bersangkutan lolos atau tidak dalam tahapan selanjutnya.

0 comments:

Posting Komentar