Minggu, 18 November 2012

STIK MUHAMMADIYAH GENCARKAN GERAKAN CUCI TANGAN

Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan/S.T.I.K Muhammadiyah Pontianak Senin (15/10/12), menggelar penyuluhan kesehatan mengenai upaya dan pentingnya menjaga kesehatan melalui cuci tangan. Kegiatan untuk memperingati Gerakan Cuci Tangan sedunia ini, berlangsung di Madrasah Ibtidayah Negeri (MIN) Bangka Belitung Kecamatan Pontianak Tenggara. 

”Hari gerakan cuci tangan sedunia atau global handwashing, menjadi momen untuk mengingatkan kembali pentingnya kalangan anak-anak khususnya dan masyarakat umumnya, untuk menjaga kebersihan tangan, salah satunya dengan cara membiasakan mencuci dengan sabun, “ ujar Ketua S.T.I.K Muhamadiyah Pontianak, Wuriani saat ditemui Ditemui di sela – sela kegiatan. 

Menurutnya, kebersihan tangan merupakan syarat mutlak untuk menjaga kesehatan. Sebab tangan adalah organ tubuh yang paling sering bersentuhan dengan segala sesuatu di berbagai tempat, di sisi lain tangan merupakan organ yang paling sering bersentuhan dengan mulut. Jadi sangat membahayakan kesehatan, jika kedua telapak tangan tidak higienis, karena setiap menit tangan dapat tercemar kuman, dimana saja dan kapan pun, ”ingatnya. 

Ia mengatakan, selain di Madrasah Ibtidayah Negeri (MIN) Bangka Belitung, kegiatan serupa juga digelar di SD Negeri 29 Sungai Raya Dalam Kabupaten Kubu Raya. 

Wuriani menambahkan, disamping memberikan penyuluhan kesehatan, S.T.I.K Muhamadiyah Pontianak juga menyalurkan bantuan berupa 2 fiber glass masing-masing dengan kapasitas 500 liter, lap tangan, leep flat, poster dan sabun. Melalui kegiatan ini diharapkan pihak sekolah, dapat lebih menggalakkan gerakan cuci tangan bersih di lingkungan sekolah.

”Sedangkan, bagi S.T.I.K Muhammadiyah, kegiatan yang digelar merupakan bukti lembaga pendidikan ini sangat konsen menjalanakan tri darma perguruan tinggi termasuk pengabdian kepada masyarakat, ”pungkasnya. 

Sementara itu Wakil Kepala Madrasah Ibtidayah Negeri (MIN) Bangka Belitung, Ainul Syahada sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena dapat melatih siswa membiasakan diri untuk mencuci tangan dan menjaga kebersihan. 

Meskipun, selama ini program gerakan cuci tangan bersih di Madrasah juga terlaksana, namun diakuinya kurang maksimal karena keterbatasan sarana dan prasarana.

0 comments:

Posting Komentar