Minggu, 18 November 2012

PGRI PERJUANGKAN GURU HONORER DAN SWASTA

PGRI terus berupaya memperjuangkan aspirasi para guru di semua jenjang pendidikan agar mendapat perhatian Pemerintah, sehingga berbagai persoalan menyangkut kehidupan guru dari waktu ke waktu dapat terselesaikan. 

“Salah satu yang tengah diperjuangkan yakni penghasilan guru swasta, tenaga honorer dan guru non PNS agar dapat setara dengan guru yang berstatus PNS. Sebab, beban dan tanggungjawab yang diemban mereka, tidak jauh berbeda dengan guru yang menyandang status PNS,” ujar Ketua Umum PB PGRI Dr. Sulistiyo saat membuka Rakernas II YPLP/PPLP PGRI di Hotel Ashton Pontianak Senin (12/11/12). 

Menurutnya, perlakuan yang sangat jauh tersebut, tampak pada aspek kepegawaian dan dukungan kesejahteraan. “Oleh karena itu, PGRI akan berupaya guru swasta, tenaga honorer dan guru non PNS, paling tidak mendapatkan kesetaraan dalam hal kepangkatan. Seperti para dosen yang mengajar di lembaga perguruan tinggi swasta, telah mendapatkan perlakuan yang sama dengan dosen PNS dalam hal kepangkatan,” tambahnya. 

Selain itu, Sulistyo juga menegaskan, bahwa PGRI mengusulkan agar bukan hanya tatap muka antara guru dan siswa yang dihargai, melainkan semua kegiatan guru di sekolah, mulai dari Wali kelas, Pembina kegiatan ekstra kurikuler hingga Pembimbing kegiatan kesiswaan dapat menjadi bagian integral tugas guru yang dihitung sebagai beban mengajar. 

Ditambahkan Sulistyo, PGRI juga telah mengusulkan pada Pemerintah, agar guru yang diangkat sebagai pengawas dan penilik, tetap mendapatkan secara penuh hak – hak mereka ketika masih menjadi guru. “Bahkan idealnya dapat lebih baik lagi, dibandingkan ketika yang bersangkutan masih sebagi guru,” terang Sulistiyo. 

Di bagian lain, dirinya menghendaki agar pengurus PGRI di setiap jajaran, bukan hanya memperjuangkan agar hak – hak para guru dapat diterima dengan baik, terutama mereka yang telah disertifikasi, melainkan dapat mendorong para guru dapat bekerja lebih baik. “Sehingga, bukan hanya pola hidup yang berubah, tetapi kinerja dan kemampuan profesionalisme guru dari waktu ke waktu dapat terus meningkat,” harapnya.

0 comments:

Posting Komentar