Sabtu, 22 September 2012

PILGUB 2012 = REFERENDUM BAGI KAPUAS RAYA

Bupati Sintang Milton Crosby mengatakan bahwa Pemilihan Gubernur dan wakil gubernur Kalbar tahun 2012, ibarat referendum/jajak pendapat bagi masyarakat Kalbar, mengenai pemekaran Provinsi Kapuas Raya (PKR). Jika nantinya pasangan nomor urut 3 yakni Morkes Effendi – Burhanuddin A. Rasyid dapat memenangkan Pemilukada, maka terbetuknya PKR yang meliputi 5 Kabupaten di belahan timur Kalbar yakni Sanggau, Sekadau, Sintang, Melawi dan Kapuas Hulu semakin besar.

Ditemui di Sintang Senin 910/9/12), Milton menyatakan, jika pasangan nomor urut 3 gagal dan kandidat lain yang memimpin Kalbar maka peluang semakin tipis. Apalagi, jika pasangan incumbent Cornelis – Christiandy Sandjaya kembali berkuasa, maka peluang semakin tidak langsung tertutup.

Mengingat Pemerintah provinsi Kalbar di bawah Cornelis tidak mempunyai komitmen untuk memekarkan PKR, justru sengaja untuk menghambat karena tidak mau melengkapi persyaratan administrasi yang belum lengkap. Oleh karena itu, tanggal 20 September 2012 merupakan babak yang menentukan masa depan pembentukan PKR.

Kendati demikian dirinya yakin masyarakat di timur Kalbar akan menyoblos pasangan nomor urut 3, karena adanya komitmen untuk memekarkan PKR. Terkait pernyataan calon gubernur incumbent, Cornelis bahwa dirinya tidak pernah mencabut rekomendasi usulan pemekaran PKR, Milton Crosby menilai hal itu adalah bentuk pembodohan terhadap masyarakat, karena siapa pun yang menjadi gubernur jelas tidak mungkin mencabut rekomendasi yang lalu.

Sementara itu, mengenai kandidat lain yang juga menggangkat isu PKR dalam kampanye Pilkada, Milton yang juga Koordinator Relawan Pemenangan Ppasangan nomor urut 3 di Sintang ini mengatakan hal itu sah – saja dilakukan sebagai strategi untuk menarik simpati publik. Tetapi bagaimana pun tetap dirinya yang memegang lisensi. Namun, yang terpenting dirinya telah mempercayakan pemekaran PKR kepada pasangan Morkes – Burhan.

Maka Milton mengajak seluruh masyarakat Kalbar menyoblos nomor urut 3 pada pemungutan suara 20 September 2012, sebagai bentuk dukungan terhadap kemajuan daerah di timur Kalbar.

Secara terpisah, calon gubernur Kalbar Morkes Effendi kembali menjanjikan pada masyarakat akan melengkapi semua persyaratan administrasi yang belum lengkap tentang usulan pemekaran PKR dalam 100 hari pemerintahannya jika terpilih sebagai gubernur Kalbar periode 2013 – 2018.

0 comments:

Posting Komentar