Minggu, 23 September 2012

MORKES - BURHAN KLAIM MENANG DI 8 KABUPATEN

Pasangan nomor urut 3, Morkes Effendi - Burhanuddin A. Rasyid mengklaim berhasil memenangkan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kalimantan Barat (Kalbar) dengan meraih suara terbanyak di 8 kabupaten berdasarkan hasil hitungan cepat atau quick count.

Partai Golkar mengeluarkan hasil hitungan cepat (quick count) Pilgub Kalbar tahun 2012. Hasilnya, pasangan nomor urut 3 Morkes Effendi-Burhanuddin A. Rasyid (MB) mengklaim berhasil memenangkan Pilgub dengan meraih suara terbanyak di 8 Kabupaten yakni Sambas, Kubu Raya, Pontianak, Ketapang, Kayong Utara, Melawi, Sintang serta Bengkayang. Dari hasil Quick Count tersebut, pasangan MB meraih 38,17 persen suara.

Kepada wartawan, Kamis (20/09/12) malam, Ketua Tim Pemenangan pasangan MB Adang Gunawan menuturkan, klaim kemenangan diperoleh dari tim pemenangan khusus pasangan MB.

“Untuk mengamankan kemenangan tersebut, saya telah menginstruksikan seluruh tim koalisi di Kabupaten Kota turun langsung ke tingkat desa. Bahkan, tim dari provinsi juga diturunkan untuk mengawal dan mengamanakan hasil perolehan suara di tingkat desa, terutama mengamankan berita acara dan formulir C1,” ucapnya.

Dikatakan Adang, dalam perhitungan cepat tersebut, tim pemenangan pasangan MB juga memakai 2 lembaga kredibel sebagai pembanding dan hasilnya juga tidak terlalu jauh berbeda.

Adang menambahkan, selain quick count, Partai Golkar juga melakukan real quick count. Jika pada quick count penghitungan mengunakan metode sample seperti survei, maka dalam real quick count penghitungan suara berdasarkan hasil rekapitulasi di tingkat TPS yang dikirim saksi ke Tim Pemenangan.

“Hasil penghitungan dari 1.145.473 suara yang masuk, pasangan Morkes – Burhan unggul dengan meraih meraih 39 % suara, diikuti pasangan Cornelis – Christiandy Sanjaya yang meraih 34 % suara, kemudian pasangan Armyn – Fathan meraih 18 % suara dan pasangan Tambul – Barnabas meraih 13 % suara,” jelasnya.

Lebih lanjut Adang berpesan kepada para pendukung, simpatisan dan tim sukses MB agar tidak mudah mempercayai pesan singkat ataupun quick count yang tidak dapat dipertanggung jawabkan. Disamping dapat menyesatkan, juga dapat membingungkan masyarakat.

Oleh sebab itu, pasangan MB tetap menunggu sekaligus menghormati pengumumuman lembaga resmi yakni KPU. Namun, dirinya tetap meyakini hasilnya tidak akan jauh berbeda. Meskipun terjadi margin error hingga 5 persen, pasangan MB tetap memenangkan pilkada kali ini.

Pada kesempatan ini, Adang juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat Kalbar khususnya pendukung dan simpatisan yang sudah membantu dan melancarkan pilgub kali ini. Sekaligus meminta para kader, pendukung, simpatisan dan tim koalisi Kabupaten/Kota mengadakan sujud syukur atas kemenangan yang diraih.

0 comments:

Posting Komentar