Kamis, 09 Agustus 2012

KPU KALBAR TANDATANGANI PAKTA INTEGRITAS

Seluruh anggota KPU Kalbar Senin (23/7/12) menandatangani Pakta Integritas yang memuat 11 pointer terkait komitmen KPU Kalbar dalam menyelenggarakan pesta demokrasi, terutama menyukseskan Pemilihan Gubernur Kalbar tahun 2012. 

Mereka yang menandatangani yakni Ketua KPU beserta 4 Komisioner dan Sekretaris KPU. Penandatangan Pakta Integritas berlangsung di Kantor KPU dengan disaksikan sejumlah perwakilan LSM dan puluhan perwakilan media cetak dan elektronik lokal. 

Ketua LSM Gemawan Hermawansyah mengharapkan penandatangan Pakta Integritas oleh anggota KPU tidak hanya sekedar pernyataan di atas kertas, tetapi dapat diimplementasikan dalam penyelenggaraan Pemilu. 

“Apalagi ajang pemilu, baik dalam Pemilukada maupun Pemilu Legislatif sangat rentan dengan penyimpangan atau kecurangan, sehingga menuntut komitmen dan keseriusan KPU sebagai penyelenggara,”pintanya. 

Di tempat yang sama, Ketua KPU Kalbar, Ahmad Rabiul Muzammil menyatakan penandatangan Pakta Integritas merupakan jawaban atas tuntutan rakyat agar Pemilu terselenggara dengan penuh integritas. 

“Khusus untuk Pemilu Gubernur Kalbar tahun 2012, seluruh anggota KPU telah bertekad untuk bekerja keras agar penyelenggaraannya berjalan sukses,” tegas Muzammil. 

Muzammil kemudian menyebutkan beberapa point yang termaktub dalam Pakta Integritas yakni Memperlakukan secara adil, imparsial dan non partisan para peserta Pemilu maupun pihak yang memiliki preferensi politik tertentu tanpa terkecuali; serta Membuka partisipasi dan akses publik atas perumusan kebijakan, proses penyelenggaraan pemilu dan berbagai data maupun informasi yang terkait dengan sesuai peraturan perundang – undangan.

0 comments:

Posting Komentar