Minggu, 22 Juli 2012

GAIB LAPORKAN KORUPSI PIP DI MEMPAWAH KE MABES POLRI

Gerakan Anak Indonesia Bersatu – GAIB Kalbar membuktikan komitmennya dalam mengawal kasus korupsi di Kabupaten Mempawah dengan melaporkan kasusnya ke Mabes Polri. 

Laporan yang disampaikan tanggal 17 Juli 2012 lalu tersebut juga sebagai sikap mereka, atas kinerja Polres Mempawah dan Polda Kalbar yang dinilai kurang memuaskan, terkait laporan dugaan korupsi pada proyek Pengelolaan Irigasi Partisipatif (PIP) dan Pengarusutamaan Gender (PUG), dengan pelaku Kepala desa Peniti Besar Kecamatan Segedong. 

“Kami tidak main – main dalam mengawal kasus yang terindikasi merugikan keuangan negara. Meskipun nilainya terbilang kecil, namun hal itu merupakan uang masyarakat yang yang harus dipergunakan untuk kesejahteraan masyarakat, bukan untuk mengisi kantong para pejabat,” tegas Ketua GAIB Kalbar, Rudi Supriandi saat dihubungi Sabtu (21/07/12). 

Di samping itu, dengan laporan kasus ini, tentunya Kapolri dapat mengetahui bahwa komitmen untuk menegakkan supremasi hukum, terutama penanganan kasus korupsi belum berjalan optimal di Kalbar. 

Rudi mengharapkan Kapolri dapat menindak lanjuti laporan tersebut, yang ditandai dengan tuntasnya penanganan perkara. Apalagi GAIB telah menjalin kemitraan dengan beberapa lembaga independen di Jakarta seperti Indonesian Corruption Watch (ICW) untuk memonitor kasus ini. 

Ia menambahkan, bahwa GAIB Kalbar sebelumnya telah melaporkan indikasi penyimpangan 2 paket kegiatan proyek di desa Peniti Besar ke Polres Mempawah. Pasalnya, terjadi sejumlah penyimpangan dan kejanggalan dalam 2 paket proyek tersebut, yang masing – masing paket sebesar 75 juta rupiah. 

“Bahkan, disinyalir 2 oknum Dinas Pertanian Kabupaten Pontianak, turut terlibat pada proyek yang dianggarkan dalam APBN 2011 melalui Dana Dekosentrasi,”ungkapnya. 

Tapi karena tidak ada tidak lanjut dari Polres Mempawah, maka pihaknya bersama puluhan warga Segedong 4 Juni 2012 mendatangi Polda Kalbar. Namun, GAIB menilai masih belum ada tindakan kongkrit, sehingga memutuskan untuk memperjuangkan kasus ini ke Mabes Polri.

1 comments:

  1. You are ( golofootball.blogspot.com ) great! haha great post and great blog !

    BalasHapus