Minggu, 22 Juli 2012

KUR TKI JANGKAU KALBAR

Pemerintah pusat memperluas program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan menjangkau Tenaga Kerja Indonesia (TKI). KUR diberikan kepada calon TKI untuk membantu keperluan pendanaan dalam proses penempatan ke luar negeri. 

Ditemui Kamis (5/7/12), Kepala Dinas Sosnakertrans Provinsi Kalbar, Jakuri Suni mengatakan, program KUR TKI melibatkan sejumlah Kementrian dan lembaga tingkat pusat, antara lain, BI, Bappenas, Kementrian Perdagangan, Kementrian Koperasi dan Kemenakertrans. 

“Sedangkan untuk bank pelaksana, Pemerintah menunjuk BRI,” tambahnya. 

Ia menyebutkan, nantinya setiap calon TKI dapat mengajukan pinjaman dana maksimal 20 juta rupiah dengan suku bunga sebesar 22 % menurun. Pengembalian pinjaman dibayarkan oleh perusahaan tempat TKI bekerja melalui Bank setempat untuk selanjutnya ditransfer ke BRI. 

Jakuri mengakui di pulau Jawa program KUR cukup berhasil membantu para TKI yang bekerja di negara Korsel dan Malaysia, dan dirinya berharap hal serupa juga diraih para calon TKI asal Kalbar. 

“Namun, untuk Kalbar belum ada TKI di yang telah memanfaatkan fasilitas dari Pemerintah berupa program KUR, karena masih dalam tahap sosialisasi, itu pun baru di 2 kota yakni Pontianak dan Singkawang. Sehingga belum ada target, meskipun secara nasional Pemerintah menargetkan program KUR menjangkau sebanayk 8.000 TKI,” jelas Jakuri.

0 comments:

Posting Komentar