Minggu, 22 Juli 2012

KALBAR RAIH NILAI EKSPOR TERTINGGI TAHUN 2011

Pemerintah provinsi Kalbar terus berupaya menciptakan ilim usaha yang semakin kondusif untuk memudahkan investor melakukan investasi. Serta memperbaiki kualitas produksi lokal agar mampu bersaing, baik di pasar lokal, dalam negeri maupun luar negeri. 

Hal itu diungkapkan Gubernur Kalbar, Cornelis saat menyampaikan Nota Penjelasan Gubernur Kalbar terhadap Pertanggungjawaban APBD Tahun Anggaran 2012 dalam Rapat Paripurna DPRD Kalbar Jum`at (6/7/12). 

“Ditinjau dari produk domestik regional bruto (PDRB) perekonomian Kalbar masih didominasi oleh sektor pertanian, sektor perdagangan, sektor industri pengelolaan. Khusus sektor perdagangan dalam kurun waktu lima tahun terakhir semakin memberikan peranan yang penting dalam perekonomian Kalbar, sehingga mulai menggeser peranan sektor industri. Bahkan dalam 3 tahun terakhir produk ekspor Kalbar menunjukkan kenaikan yang signifikan, terutama yang berasal dari hasil tambang,” paparnya. 

Cornelis menyebutkan, pada tahun 2009 nilai ekspor Kalbar mencapai 536 juta dolar AS, meningkat signifikan pada tahun 2012 sebanyak 71,9 % atau 922 juta dolar AS. Nilai ekspor Kalbar hingga Desember 2011 mencapai 1.8 juta dolar AS atau 102,5 % dari nilai ekspor tahun 2010. Kenaikan ini merupakan angka tertinggi dalam sejarah ekspor Kalbar. 

Di sisi lain, Cornelis mengakui peran investasi terhadap pertumbuhan ekonomi Kalbar sangat besar dan terus menujukkan trend peningkatan selama periode 2008 – 2010. pada tahun 2010 kontribusi investasi terhadap PJRB Kalbar sebesar 16 trilyun atau 28,04 % dari PDRB Kalbar. 

“Upaya yang terus dilakukan Pemerintah Daerah Kalbar untuk meningkatkan pertumbuhan PDRB telah membuahkan pernghargaan, dimana Kalbar dinobatkan sebagai Regional Champion 2011 atau daerah terbaik di bidang investasi,”pungkas Cornelis.

0 comments:

Posting Komentar