Minggu, 08 Juli 2012

CORNELIS : “TIM PKR LAMA ANGGAP SAYA TUNGGUL”

Berbagai tudingan miring terus diarahkan kepada Gubernur Kalbar Cornelis, pasca keputusannya untuk membentuk Tim Pemekaran Provinsi Kapuas Raya (PKR) yang baru. 
Keputusan tersebut dinilai sebagai strategi politik Cornelis untuk memuluskan langkahnya memenangkan Pemilu Gubernur Kalbar 20 September mendatang. Mengingat Tim PKR lama yang diketuai Bupati Sintang Milton Crosby dapat menjadi sandungan bagi incumbent Cornelis – Christiandy Sandjaya dalam Pemilihan Gubernur. 
Ketika dikonfirmasi Kamis (5/7/12), Cornelis terlihat santai menyikapi berbagai tudingan yang diarahkan padanya. Ia mengatakan bahwa keputusan membentuk Tim PKR baru yang diketuai Mikael Abeng justru untuk membantu realisasi terbentuknya provinsi baru di belahan timur Kalbar. Mengingat kinerja tim lama kurang produktif. 
“Apalagi, Presiden telah menginstruksikan agar Pemerintah provinsi segera menyempurnakan beberapa persyaratan yang masih kurang, sesuai aturan dalam perundang – undangan terakit usulan daerah otonom baru,”ujar Cornelis. 
Namun Cornelis sontak emosional ketika mendengar nama Milton Crosby disebut. “Tim PKR lama yang dinakhodai Milton telah menganggap saya seperti sebuah tunggul, karena tidak pernah berkoordinasi dengan saya yang nota bene wakil Pemerintah pusat di daerah,”kata Cornelis dengan nada tinggi. 
Sebelumnya, Ketua Komisi A DPRD Kalbar, Retno Pramudya menilai penyelesaian polemik seputar pemekaran PKR, jauh lebih bijak jika Pemerintah provinsi Kalbar melakukan pertemuan dengan Tim PKR lama yang diketuai Milton Crosby. Mereka merupakan penggagas pembentukan PKR dan perjuangan yang ditempuh Tim lama tinggal selangkah lagi, yakni mendapatkan persetujuan dari Gubernur,”ingat Retno. 
Menurut Retno, Pemerintah Provinsi tidak perlu menunggu tahun 2020, baru PKR yang mencakup 5 Kabupaten di belahan timur Kalbar terbentuk, yakni Sanggau, Sintang, Melawi, Sekadau dan Kapuas Hulu. 
“Sebab, hasil konsultasi Komisi A DPRD Kalbar ke Komisi III DPR RI dan Kementrian Dalam Negeri beberapa waktu lalu, menyatakan bahwa usulan PKR mendapat prioritas. Mengingat beberapa Kabupaten yang tergabung dalam usulan PKR berada di wilayah perbatasan, sehingga pemekaran daerah dapat mempercepat pembangunan perekonomian berada terdepan negara,”pungkasnya.

0 comments:

Posting Komentar