Rabu, 13 Juni 2012

KPU KALBAR JARING 4 PASANGAN CAGUB DAN CAWAGUB

KPU Kalbar Selasa (12/06/12) dini hari resmi menutup Pendaftaran Bakal Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar dari jalur parpol.

Sebanyak empat bakal pasangan calon terjaring sejak pendaftaran di buka 5 Juni 2012, yakni pasangan Abang Tambul Husin – Barnabas Simin, pasangan Morkes Effendi – Burhanuddin A. Rasyid, pasangan Cornelis – Christiandy Sandjaya serta pasangan Armyn Angkas Alianyang – Fathan A. Rasyid.

Ketua KPU Kalbar, AR. Muzammil mengakui, beberapa bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur masih ada yang belum melengkapi semua persyarataan. Namun mereka masih memiliki waktu untuk melengkapi persyaratan yang kurang, paling lama 9 Juli 2012.

Sesuai jadwal yang telah ditetapkan KPU, proses verifikasi lebih lanjut berkas para pendaftar berlangsung mulai 12 Juni s/d 2 Juli 2012. Sedangkan penetapan pasangan calon yang memenuhi syarat diumumkan 2 Agustus mendatang.

Berdasarkan data KPU Kalbar, pasangan Abang Tambul Husin – Barnabas Simin tercatat sebagai pendaftar pertama. Mereka diusung sebanyak 18 parpol non kursi dengan perolehan 548.349 suara atau 26,48 % dari total suara sah hasil Pemilu Legislatif 2009. jumlah tersebut melebihi batas minimal yakni 15 % suara atau 310.586 suara.

Sedangkan pendaftar kedua yakni pasangan Morkes Effendi – Burhanuddin A. Rasyid. Mereka diusung sebanyak 5 parpol yakni Partai Golkar, PAN, PKS, PBR dan PKNU dengan perolehan 20 kursi di DPRD Kalbar. Jumlah tersebut melebihi batas minimal sebanyak 9 kursi atau 15 % dari total 55 kursi di DPRD Kalbar hasil Pemilu Legislatif 2009.

Pendaftar ketiga yakni pasangan incumbent Cornelis – Christiandy Sandjaya yang diusung 5 parpol, yakni PDI P, Partai Demokrat, PDS, PKB dan PPIB dengan perolehan 22 kursi di DPRD Kalbar.

Sementara pendaftar keempat yakni pasangan Armyn Alianyang – Fathan A. Rasyid yang diusung 3 parpol yaitu PPP, Partai Hanura dan PBB dengan perolehan 10 kursi di DPRD Kalbar.

Sempat beredar info, bahwa Mikael Injek Barayungk akan mendaftar ke KPU, namun hingga berakhirnya pendaftaran pukul 00.00 WIB, ternyata yang bersangkutan tidak muncul ke KPU Kalbar.

Injek sebelumnya telah mendaftar sebagai bakal calon gubernur bersama Eka Kawirayu sebagai bakal calon wakil gubernur melalui jalur perseorangan, namun kandas karena tidak lolos verifikasi.  

0 comments:

Posting Komentar