Rabu, 13 Juni 2012

2 PARPOL PENGUSUNG MILIKI PENGURUS GANDA

Dari sekian banyak parpol yang mengusung 4 bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Kalbar, tercatat 2 parpol diantaranya memiliki dualisme pengurus di tingkat provinsi, yakni Partai Barnas dan PKDI.

Untuk partai Barnas, kedua pengurus mengusung bakal pasangan calon yang berbeda. Satu mengusung pasangan Abang Tambul Husin – Barnabas Simin, sedangkan yang satunya mengusung pasangan incumbent Cornelis – Christiandy Sandjaya.

“Verifikasi akan dilakukan dengan memeriksa langsung ke DPP parpol bersangkutan, untuk mengetahui kepengurusan yang sah di tingkat daerah,”ujar Ketua KPU Kalbar AR. Muzammil saat penutupan Pendaftaran Pilgub Selasa (12/06/12) dini hari.

“Usungan dari DPD yang sah itulah yang nantinya diakui KPU, sedangkan yang tidak sah maka secara otomatis berdampak terhadap berkurangnya suara pasangan calon yang diusung,”jelas Muzammil.

Namun, untuk PKDI tidak terlalu berpengaruh terhadap jumlah suara atau kursi pasangan calon yang diusung. Sebab, kedua pengurus ternyata mengusung bakal pasangan calon yang sama yakni Abang Tambul Husin – Barnabas Simin.

Muzammil menambahkan, kegiatan KPU usai proses pendaftaran diantaranya mengadakan pertemuan dengan keempat bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur maupun tim kampanye masing – masing terkait pemeriksaan kesehatan.

“Pertemuan bertujuan untuk memberikan penjelasan secara teknis mengenai pemeriksaan kesehatan yang dijadwalkan mulai 12 Juni s/d 2 Juli 2012. Namun, KPU telah berkoordinasi dengan IDI agar pemeriksaan kesehatan dapat rampung sebelum tanggal 2 Juli,”sambungnya.

Hal ini untuk mengantisipasi kemungkinan adanya penggantian pasangan calon, sehingga dapat mengikuti pemeriksaan kesehatan antara tanggal 3 s/d 9 Juli 2012. Tentunya penggantian bakal calon karena alasan berhalangan tetap, berdasarkan pemberitahuan dari KPU bukan usulan dari parpol atau gabungan parpol pengusung.  

0 comments:

Posting Komentar