Senin, 11 Juni 2012

FATHAN A. RASYID DAMPINGI ARMYN MAJU DALAM PILGUB KALBAR

Setelah melalui pembicaraan yang sangat alot, akhirnya 3 parpol koalisi yakni PPP, Partai Hanura dan PBB menyepakati untuk memilih Fathan A. Rasyid sebagai calon wakil gubernur Kalbar mendampingi Mayjend TNI. Armyn Angkasa Alianyang sebagai calon gubernur dalam Pemilukada Kalbar tahun 2012.

Keputusan final tersebut diambil melalui musyawarah dan mufakat, sehari menjelang ditutupnya pembukaan pendaftaran bakal pasangan calon gubenur dan calon wakil gubernur oleh KPU Kalbar.

Dihubungi Minggu (10/06/12) malam, Sekretaris DPW PPP Kalbar, Retno Pramudya mengakui pembicaraan sempat mentok, mengingat ada 4 nama yang diusulkan untuk mendampingi Armyn Alianyang, dan masing – masing memiliki keunggulan. ”Mereka yakni Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalbar, Fahan A. Rasyid, Ketua DPW PPP Kalbar Ahmadi Usman, Ketua DPD Partai Hanura Bahrudin Nahris serta Kepala Kanwil Kementrian Agama Kalbar, Husein D. Mahmud. Khusus untuk nama yang terakhir memang bukan usulan dari parpol koalisi, melainkan aspirasi dari masyarakat atau simpatisan,” ujar Retno. Namun, setelah mempertimbangkan berbagai hal, maka ketiga parpol serta Army Alianyang memutuskan untuk mengusung Fathan A. Rasyid sebagai calon wakil gubernur.

Retno tidak menampik bahwa perjuangan untuk mengusung Staf Ahli Panglima TNI. Mayjend TNI. Armyn Angkasa Alianyang sebagai calon gubernur Kalbar dan mencari pendampingnya penuh liku – liku dan sangat melelahkan. Bahkan, ada skenario jahat untuk menggagalkan upaya 3 parpol koalisi mengusung Armyn dengan melakukan intervensi serta memecah belah para simpatisan maupun para pendukung.

Namun, dengan upaya keras dan komitmen parpol koalisi berhasil mengkandaskan skenario jahat tersebut sekaligus menjawab keraguan dan kegelisahan masyarakat terkait kepastian Armyn Alianyang maju dalam Pemilukada Kalbar. “Mengingat hasil 3 kali survei yang dilakukan PPP, menujukkan besarnya harapan masyarakat Kalbar akan sosok pemimpin nasioanalis dan pemersatu umat. Dan koalisi parpol melihat bahwa figur yang dibutuhkan masyarakat tersebut ada pada Armyn Alianyang,” tegas Retno.

Terkait posisi Armyn di TNI, Retno menegaskan hal itu bukanlah masalah, karena yang bersangkutan telah menujukkan bukti surat pengunduran dirinya dari institusi TNI. “Begitupula halnya dengan Fathan A. Rasyid, yang telah mengajukan pengunduran diri sebagai PNS sejak enam bulan lalu, saat mendaftarkan diri sebagai calon wakil gubernur ke sejumlah parpol,”tambahnya.

Retno mengatakan pasangan Armyn – Fathan akan mendaftar ke KPU sekitar pukul 13.00 WIB dan didampingi oleh sejumlah pengurus parpol tingkat provinsi serta wakil dari jajaran pusat ketiga parpol koalisi.

Fathan A. Rasyid sebenarnya merupakan figur yang dipilih Armyn untuk mendampinginya maju dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar tahun 2012. Terbukti ketika mendaftarkan diri sejumlah parpol mereka menjadi pasangan calon gubernur dan wakil gubernur.

Di bagian lain, dengan majunya Fathan dalam Pemilukada kali ini, tentu memiliki catatan sendiri bagi perjalanan demokrasi di Kalbar. Sebab, Fathan merupakan adik kandung dari Burhanuddin A. Rasyid yang nota bene merupakan calon wakil gubennur pula.

Seperti diketahui Burhanuddin maju sebagai calon gubenrur mendampingi Morkes Efendi sebagai calon gubernur. Pasangan Morkes – Burhanuddin diusung oleh koalisi 5 parpol yakni Partai Golkar, PKS, PAN, PBR serta PKNU.  

0 comments:

Posting Komentar