Minggu, 13 Mei 2012

TERMINAL AMBAWANG HARUS SEGERA TUNTAS

Terminal internasional di Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya harus segera dirampungkan, sesuai hasil pertemuan terakhir Kepala negara di Singapura dalam kerangka kerjasama ASEAN. Selain itu juga menindaklanjuti kesepakatan forum kerjasama Kawasan ASEAN Timur/BIMP EAGA, yang menekankan pentingnya konektifitas dari semua negara anggota melalui jalur transportasi.

Ketika menerima rombongan Komisi V DPR di Pendopo Selasa (24/04/12), Gubernur Kalbar Cornelis, meminta Pemerintah pusat tidak lagi menunda pengerjan terminal Ambawang, yang tinggal menyisakan sedikit kegiatan fisik untuk merampungkan proyek tersebut. Sebab, terminal yang mulai dibangun sejak tahun 2001 tersebut, sempat mengalami beberapa kali penunddan, dan tahun ini telah memasuki tahun 11 pengerjaannya.

Cornelis menambahkan, jalur transportasi darat di Kalbar saat ini telah dapat menghubungkan Pontianak – Kuching dan Bandar Sri Begawan, namun belum mencapai Kinabalu.

Dengan memadainya sarana transportasi tentunya semakin memudahkan Pemerintah daerah dalam menggerakkan roda perekonomian dan memacu pertumbuhan ekonomi hingga ke wilayah pedalaman. Sekaligus memudahkan masyarakat untuk membawa dan memasarkan berbagai produk pertanian dan sumber daya alam lainnya, termasuk memasarkan ke negara tetangga.  

Dirinya berharap terminal Ambawang maupun semua proyek nasional di bidang infrastruktur di Kalbar dapat rampung paling lama 5 tahun kedepan, idealnya sebelum berakhirnya masa jabatan presiden SBY. Apalagi saat ini kondisi perekonomian negara terus membaik, yang ditandai dengan meningkatnya nilai APBN setiap tahun anggaran.  

0 comments:

Posting Komentar