Minggu, 13 Mei 2012

CORNELIS : ”BELUM TERFIKIR PEMBANGUNAN JALUR KERETA API”

Pembangunan jalur kereta api sebagai sarana transportasi di Kalbar, hingga saat ini belum menunjukkan sinyal positif bakal terealisasi. Padahal sebagian masyarakat dan pelaku usaha telah berulangkali mewacanakan melalui media massa, mengenai perlunya jalur transportasi menggunakan kereta api, bukan hanya di Kalbar namun juga melintasi semua wilayah Kalimantan.   

Dalam pertemuan dengan rombongan Komisi V DPR RI di Pendopo Gubernur Selasa (24/04/12), Gubernur Kalbar Cornelis MH, mengakui, pembangunan jalur kereta api memang belum pernah diajukan secara formal kepada Pemerintah pusat, meskipun telah sering didiskusikan di internal pemerintahan.

Meskipun tidak dapat dipungkiri keberadaan jalur kereta api sangat memudahkan dalam mengangkut potensi sumber daya alam. Namun, Pemerintah provinsi tidak berfikir terlalu muluk dan sementara ini lebih fokus memaksimalkan jalur transportasi darat, dengan meningkatkan dan memperbaiki kondisi fisik ruas jalan nasional maupun jalan daerah.

Tapi jika memang Pemerintah pusat punya keinginan membangun jalur kereta api di Kalbar, sudah barang tentu mendapatkan dukungan dari Pemerintah daerah dan masyarakat. Bahkan, sebenarnya keberadaan kereta api jauh sebagai sarana transportasi, jauh lebih efisien dibanding angkutan darat lainnya, Sehingga kedepan memang layak untuk dipertimbangkan.

Apalagi jika perusahaan tambang batubara di Sintang, Melawi dan Kapuas Hulu telah produksi, tentunya lebih mudah untuk mengangkut menuju pelabuhan laut di Kota Pontianak. Bahkan, sebenarnya keberadaan tambang batubara di ketiga daerah tersebut, dapat dipergunakan menjadi bahan baku mengerakkan lokomotif.  

0 comments:

Posting Komentar