Selasa, 29 Mei 2012

FESPA DI PANTAI SEBUBUS

        SAMBAS. Festival Pesisir Paloh (FESPA) 2012 yang berlangsung di Pesantren Akhlaqul Karimah desa Sebubus Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas, Juma`at (26/05/12), dibuka Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya Pariwisata (Porabudbar) Kabupaten Sambas, Sakuri. 

Pembukaan FESPA ditandai dengan pemukulan “Aluk Galing” oleh Kepala Disbudpora Pariwisata, Komandan Ekspedisi Khatulistiwa, Manajer Program WWF Kalbar Ermayani Putra serta Putri Indonesia 2005 Nadine Candrawinata. 

FESPA digelar seiring masuknya musim puncak peneluran penyu, Hari Penyu Internasional, HUT Pokmas Kambau Borneo, sekaligus menyambut Hari Lingkungan Hidup, Hari Laut sedunia dan Hari Terumbu Karang. 

Dalam sambutannya, Manajer Program WWF Kalbar Ermayani Putra, mengatakan, Festival Pesisir Paloh bertujuan memberikan informasi dan pemahaman mengenai konservasi pesisir dan spesies penyu sekaligus ajang promosi produk lokal. 

Sementara itu, Kepala Porabudbar Sambas, Sukari merespon positif program konsevasi yang tengah dijalankan WWF, apalagi festival juga mempromosikan berbagai potensi budaya dan ekonomi lokal yang tentunya berdampak terhadap perekonomiaan masyarakat. Kini Pemerintah tengah mengupayakan agar di pantai Selimpai yang menjadi lokasi penangkaran penyu, terbentuk kelompok sadar wisata untuk memberdayakan masyarakat setempat melalui pendanaan PNPM. 

Festival Pesisir Paloh berlangsung selama 3 hari (25 s/d 27 Mei 2012 dengan sasaran semua Stakeholder yang terkait dengan konservasi penyu dan kawasan pesisir Paloh. Ada 15 rangkaian kegiatan yang digelar dalam FESPA antara lain ; Talk Show “Konservasi Penyu dan Komitmen Para Pihak” dengan moderator Nadine Candrawinata. 

Kemudian penandatanganan kesepakatan konservasi penyu dan penghibahan dana sebesar 180 juta dari WWF kepada Kelompok Masyarakat Pengawas (pokmaswas) Kambau Borneo. 

Lalu Journalism goes to School dan Citizen Journalism yang melibatkan 9 wartawan cetak dan elektronik dari Pontianak dengan peserta para siswa dan guru 4 SLTP. Serta Field Trip dengan lokasi pantai Kemuning desa Sebubus yang dilanjutkan dengan aksi bersih pantai.

0 comments:

Posting Komentar