Selasa, 29 Mei 2012

DKP OTIMALKAN POKMASWAS SEBAGAI UJUNG TOMBAK

Dinas Kelautan Perikanan (DKP) Kalbar terus berupaya agar di semua Kabupaten Kota terbentuk kelompok pengawas masyarakat/pokmaswas. Mengingat pokmaswas merupakan ujung tombak dari program pengawasan dan pelestarian di bidang pemanfaatan sumber daya kelautan dan perikanan. 

Ditemui di Sambas Minggu (27/05/12), Kepala Bidang Kawasan Pesisir Pulau Pulau Kecil & Pengawasan (KP3KP) DKP Kalbar, Dionisius Endy mengatakan, Saat ini dari 14 Kabupaten Kota, 3 diantaranya belum terbentuk pokmaswas yakni di Kabupaten Sambas, Melawi dan Sekadau. 

Pokmaswas yang terbentuk selanjutnya mendapatkan pembinaan, dengan memberikan pelatihan, sosialisasi gakum, bantuan peralatan dan seragam. DKP juga melakukan pendampingan pada pokmaswas untuk mendapatkan legitimasi, dengan menjelaskan pada Pemerintah Kabupaten Kota maksud dan tujuan terbentuknya pokmaswas. 

Salah satu pokmaswas yang tengah didampingi yakni pokmaswas Kambau Borneo di desa Sebubus Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas. Terakhir DKP akan mengevaluasi semua pokmaswas yang ada, dan memberikan pernghargaan bagi pokmaswas yang berprestasi. 

Endy menyebutkan saat ini di Kalbar terdapat sebanyak 82 pokmaswas, dan masing – masing pokmaswas mengusung kegitan tersendiri, seperti pokmaswas di Kapuas Hulu mengangkat ikan arwana sedangkan pokmaswas di Kubu Raya fokus pada hutan mangrove. 

Tahun 2011 pokmaswas asal Kapuas Hulu berhasil meraih juara 1 tingkat nasional dengan mengalahkan 4.414 pokmaswas dari seluruh Indonesia. 

Kini DKP tengah berupaya mewujudkan Kota Pontianak sebagai lokasi pemancingan terbesar di Indoesia. Secara lisan dukungan telah disampaikaan oleh Dinas Pariwisata Kota Pontianak. 

Untuk mewujudkan impian tersebut maka harus dibentuk pokmaswas yang terkait dengan pemancingan, terutama merangkul mereka yang punya hobi memancing dan mendukung dari aspek finansial.

3 comments:

  1. Thanks ulasannya, semoga selalu bekerja sama ;o)

    BalasHapus
  2. Danau Lindung Empangau, Juara 1 POKMASWAS Nasional 2011 --> http://endyonisius.blogspot.com/2011/12/danau-lindung-empangau-juara-1.html

    BalasHapus