Selasa, 29 Mei 2012

MALAYSIA PASANG BALEHO DI CAMAR BULAN

Malaysia kembali berulah. Kali ini memasang sebuah baleho di wilayah Indonesia. Tepatnya di dusun Camar Bulan desa Temajo Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas. Baleho tersebut diresmikan oleh Menteri Turis Negara Bagian Serawak Malaysia sekitar 1 bulan lalu. 

Ditemui Sabtu (26/05/12), Kepala Urusan Umum Desa Temajo, Hatta menuturkan, baleho yang dipasang Malaysia sangat meresahkan warga, apalagi dipasang di wilayah yang masih dipersengketakan oleh kedua negara. Untuk itu, dirinya meminta Pemerintah mengambil tindakan tegas dan tidak membiarkan pihak Malaysia memasuki wilayah Indonesia. 

Ketika dikonfirmasi Minggu (27/05/12), Bupati Sambas Djuliarti Alwi, mengaku belum mengetahui informasi tersebut, karena belum menerima laporan dari bawahannya. Ia telah mencoba untuk mengontak Camat Paloh, namun ponsel yang bersangkutan tidak aktif sehingga belum dapat berkomentar banyak. 

Tapi Djuliarti mengatakan, telah menginstruksikan Asisten 1 dan beberapa pejabat lainnya segera turun ke lokasi untuk memeriksa kebenaran informasi tersebut serta berkoordinasi dengan tentara libas. 

Kepada masyarakat diminta bersikap tenang sambil menunggu hasil pemeriksaan oleh Pemerintah dan TNI, karena belum tentu baleho yang dimaksud masuk ke wilayah Indonesia. Kalau memang nantinya hasil pemeriksaan di lapangan memang terbukti pihak Malaysia memasang baleho di wilayah Indonesia, maka ia akan langsung melapor ke Pemerintah pusat. 

Sementara itu, dari beberapa foto yang dikirim Mayor Komaruddin, prajurit Kodam XII Tanjungpura yang bertugas di Paloh, baleho berukuran 4x3 meter tersebut, bertuliskan “Where Borneo Begins” Tanjung Dato dengan gambar pulau Kalimantan (Borneo). Kemudian di sisi kiri dan kanan gambar, tertulis jarak beberapa kota di dunia. Sepertinya Baleho menujukkan bahwa lokasi merupakan titik nol.

0 comments:

Posting Komentar