Rabu, 25 April 2012

TAHAPAN PILGUB KALBAR DIMULAI

KPU Kalbar me Launching Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2012, di Pontianak Convention Centre (PCC), Senin (23/4), sekaligus menandai dimulainya tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar Tahun 2012. Peresmian dilakukan oleh Gubernur Kalbar, Cornelis yang didampingi Ketua KPU, Ketua Panwaslu dan Kapolda Kalbar. 
Sebelumnya di Balai Petitih, Cornelis juga telah menyerahkan secara simbolis Daftar Penduduk Potensi Pilkada (DP4) kepada Ketua KPU Kalbar. Sebanyak 3.639.810 pemilih atau 69,55 % dari total 5.233.586 jiwa penduduk, berhak menyalurkan hak politiknya dalam Pemungutan Suara 20 September 2012. 
Kepada wartawan, Gubernur Kalbar, Cornelis MH, menyatakan, DP4 bersumber dari data Disdukcapil 14 Kabupaten Kota, yang penyusunannya tetap mengacu pada kaidah validitas data. Karena DP4 merupakan bagian integral dari penyusunan Daftar Pemilih Sementara (DPS) maupun penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT). 
Sementara itu, Ketua KPU Kalbar, Ahmad Rabi`ul Muzammil, menjelaskan, data pemilih tersebut kemudian dimutakhirkan oleh KPU Kabupaten Kota, yang dibantu Petugas Pemungutan Suara (PPS) dan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) selama 1 bulan TMT 24 April s/d 23 Mei 2012. Tahapan berikutnya yakni proses verifikasi data dengan menyesuaikan data yang termuat di DPS dengan data dari lapangan. 
Di bagian lain, Kapolda Kalbar, Brigjend Pol. Unggung Cahyono menyebutkan sebanyak 6.872 personil siap dikerahkan, untuk mengamankan jalannya semua rangkaian tahapan Pemilihan Gubernur. 
Sementara prajurit TNI yang turut memback up pengamanan, jumlahnya mencapai 2.274 personil. 
Tahapan pengamanan diawali dengan Latihan Pra Operasi Pengamanan Pemilukada (Lapa Ops) yang digelar dalam waktu dekat, dan selanjutnya mempersiapkan strategi dan langkah pengamanan secara keseluruhan, mulai dari masa kampanye, masa tenang, pungut hitung hingga pelantikan pasangan Kepala Daerah Terpilih.

0 comments:

Posting Komentar