Senin, 16 April 2012

ONE BY ONE UNTUK MEREDAM POLITIK IDENTITAS

Koordinator Ali Anyang Centre - AAC Bambang Widanto menerangkan ajakan 1 lawan 1 atau one by one yang digaungkan Mayjend. TNI Armyn Alianyang menyongsong Pemilihan Gubernur Kalbar tahun 2012, bukan untuk memperkuat politik identitas atau memecah belah masyarakat Kalbar. Justru untuk menghilangkan politik sempit berdasarkan keyakinan atau etnisitas, yang mungkin dimainkan salah satu pasangan calon untuk memenangkan kompetisi. 

Dalam Jumpa Pers Sabtu (14/04/12), Bambang mengatakan, maksud dari hal tersebut, yakni Armyn mengajak semua pihak untuk bersama – sama merubah Kalbar menjadi lebih baik. Dan hal itu hanya dapat ditempuh jika terjadi pergantian tampuk kepemimpinan. Kini kesempatan itu terbuka melalui ajang Pemilihan Gubernur. 

Namun melihat fakta bahwa posisi incumbent (Cornelis – Cristiandy Sandjaya) begitu kuat, maka tidak ada pilihan lain selain bersatu dalam payung koalisi. Atau dalam kata lain, semua pihak yang ingin perubahan tidak terpecah menjadi beberapa kubu dan masing – masing kubu justru mengusung pasangan calon, tapi cukup 1 pasangan calon saja yang maju menghadapi pasangan incumbent. 

Bambang menambahkan, apa yang dilakukan sekarang, sebenarnya juga dipraktikkan oleh pasangan yang berkuasa di Kalbar saat ini, sehingga berhasil memenangkan Pemilihan Gubernur tahun 2007 silam. Yakni mengajak semua kelompok untuk mengalahkan pasangan incumbent (Usman Ja`far – LH. Kadir). 

Hanya bedanya di masa itu, pihak yang ingin mengalahkan incumbent terpecah ke dalam beberapa pasangan calon, sedangkan dalam Pemilihan Gubernur 2012, idealnya hanya 1 pasangan calon yang diusung maju. 

Adapun kriteria tokoh yang layak untuk diusung adalah sosok yang nasionalis dan berpijak diantara semua golongan, bukan mementingkan kelompok atau golongan tertentu. Dan semua persyaratan tersebut terpenuhi oleh Staf ahli Panglima TNI. Mayjend TNI Armyn Alianyang, yang kini tengah berupaya untuk mendapatkan perahu. 

Kendati demikian, Bambang memastikan, jika pun nantinya skenario berubah, dimana lebih dari 1 pasangan calon yang maju, maka Armyn Alianyang siap untuk bertarung dan optimis dapat memenangkan Pemilihan Gubernur.

0 comments:

Posting Komentar