Sabtu, 14 April 2012

Brunei tawarkan kerjasama pengolahan makanan halal

Pertemuan ke 12 BIMP EAGA/Brunei Indonesia Malaysia Phillipines – East ASEAN Growth Area (Wilayah Pertumbuhan Asean Timur) yang berlangsung 11 s/d 13 April 2012 membuka peluang yang luas bagi Pemerintah provinsi Kalbar untuk memacu sektor ekonomi, melalui investasi dan peningkatan kerjasama perdagangan.

Pertemuan berlangsung di Hotel Aston dan dibuka oleh Deputi Pengembangan Sumber Daya UKM & Koperasi Kementrian Koperasi dan UKM, I Wayan Dipta.

Sebanyak 40 - an peserta mengikuti agenda tahunan organisasi 4 negara ASEAN ini, termasuk di dalamnya perwakilan 11 Provinsi yang berbatasan dengan negara tetangga.

Sesuai tujuan awal berdirinya BIMP EAGA untuk mengembangkan kerjasama sub regional antara negara – negara anggota, maka upaya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di sub kawasan tersebut terus dilakukan.

Adapun bidang prioritas yakni transportasi, perikanan, pariwisata, energi, pengembangan SDM dan pengiriman tenaga kerja.

Delegasi Brunei Darussalam misalnya, menawarkan kerjasama pembangunan fasilitas “Brunei Halal Brand” kepada Pemerintah dan pengusaha Indonesia.

Pengolahan produk halal bukan hanya terbatas dalam hal pengemasan (packaging), pelabelan (labeling), tapi juga dalam memproduksi panganan halal.

Pejabat Senior Kementrian Industri & Sumber Daya Alam Brunei Darussalam, Effendi Saleh menerangkan, lisensi halal negaranya telah mendapatkan pengakuan secara internasional, sehingga mempermudah pemasaran berbagai produk bagi konsumen muslim di seluruh dunia, terutama ke wilayah timur tengah.

Namun, sayangnya peluang ini belum diamanfaatkan oleh pelaku usaha di Indonesia. Justru produk pangan asal Brazil lebih dahulu menggunakan lisensi Halal Brunei, untuk memasarkan produk makanan dan minuman khususnya ke negara – negara berpenduduk muslim, yang memang menetapkan standar kehalalan atas setiap produk.


Asosiasi pengusaha Brunei juga sangat tertarik untuk berinvestasi di bidang pertanian tanaman pangan, buah – buahan, peternakan sapi dan unggas serta budi daya ikan air tawar.

Begitu pula delegasi Filipina yang membuka kerjasama pengembangan agrobisnis komoditas pisang dan nenas. Khusus komoditas pisang, Filipina memang termasuk negara produsen dan eksportir terbesar di dunia.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalbar, Syahaldin Usman mengatakan sangat berharap banyak dari kerjasama regional melalui BIMP EAGA, terutama dalam penguatan pelaku UKM agar dapat lebih eksis, karena di dalam BIMP EAGA ada dana pendukung melalui ADB yang dapat diarahkan untuk mengembangkan ekonomi kerakyatan.

Untuk merespon hal itu, delegasi dari 3 negara telah diajak untuk melihat langsung kondisi Rumah Potong Hewan, ketersediaan air bersih serta berbagai sentra kerajinan tangan.

Selain sektor tanaman pangan dan wisata, Pemerintah Provinsi Kalbar telah menawarkan pengembangan peternakan kepada delegasi 3 negara lain yang mengikuti pertemuan BIMP EAGA. Terutama kepada kalangan pengusaha Brunei dan Malaysia yang tengah gencar memperluas jaringan ekonominya, melalui investasi di berbagai sektor dan kegiatan usaha.

Menurut Syahaldin, Kalbar dapat mengangkat produk yang ingin dikembangkan untuk selanjutnya didukung oleh BIMP EAGA melalui kerjasama lintas negara.

Bahkan, ADB selain siap membiayai produksi dan pemasaran juga menyanggupi untuk memberikan dukungan di bidang infrastruktur.

Peluang inilah yang harus ditangkap, sehingga letak geografis yang berbatasan dapat saling menguntungkan. Malaysia dan Brunei, walau dengan luasan wilayah tidak seberapa, tapi justru ungul di bidang modal dan tenaga terampil.

1 comments:

  1. Dunia BISNIS ONLINE kini sudah menjangakau luas keseluruh dunia, bagi anda yang belum memiliki ILMU BISNIS ONLINE jangan mau ketinggalan zaman SEGERA IKUTI CAMP SPEED ONLINE MARKETING, With ‘Agus Piranhamas Realitor.
    3 HARI FULLL MENGUPAS TUNTAS DAN PRAKTEK LANGSUNG DARI Z TO A DAN DARI A TO Z ABOUT BISNIS ONLINE…
    JOGJA.

    http://www.pembicarainternetmarketing.com/camp-speed-online-marketing.html

    JUMAT-SABTU-MINGGU 29 JUNI – 1 JULI 2012
    FASILITAS :
    - MENGINAP 2 MALAM DI HOTEL YANG PASTI ADA BINTANGNYA
    - NGELATHAK BARENG AGUS PIRANHAMAS DI SATE KLATHAK HAJI UMAR
    - LANGSUNG MEMILIKI BISNIS ONLINE (SO PASTI)
    - MAKAN, COFE BREAK, KAOS DLL,,
    INFO DAN PENDAFTARAN : 0857 2580 2688

    BalasHapus