Senin, 05 Maret 2012

Sambas tertinggi persentase golput di Kalbar

Tercatat 3 Kabupaten Kota di Kalbar tergolong tinggi angka pemilih yang tidak menggunakan hak suaranya, baik dalam Pemilu legislatif maupun Pemilihan Kepala daerah, yakni Kota Pontianak, Kota Singkawang dan Kabupaten Sambas. Khusus untuk Sambas, partisipasi pemilih hanya di kisaran 60 % hingga 62 %.

Ketua KPU Kalbar AR. Muzammil menyebutkan salah satu faktor adalah tingginya mobilitas masyarakat Sambas bekerja ke negara Malaysia sebagai TKI.

Mereka yang berada di negara tetangga ini sebagian besar tetap tercatat dalam administrasi kependudukan di daerah asal, sehingga namanya tercantum dalam Daftar Pemilih Tetap/DPT. Namun ketika di hari pencobolsan suara, pada umumnya mereka tidak berada di tempat.

Hal itu diungkapkan Muzammil, dalam Silaturrahim dan Dialog Ormas Islam Kalbar berlangsung di Hotel Dangau Kabupaten Kubu Raya Minggu (26/02/12).  
Oleh karena itu, dirinya mengharapkan para tokoh masyarakat khususnya di ketiga daerah tersebut, memberikan pencerahan kepada warga yang telah mempunyai hak pilih agar memberikan suaranya pada Pemungutan Suara tanggal 20 September mendatang.

Muzammil menambahkan, di luar tiga daerah tersebut, partisipasi pemilih justru terbilang tinggi terutama pada 5 Kabupaten di belahan timur Kalbar. Bahkan, Kabupaten Melawi dalam Pemilukada Bupati dan Wakil Bupati tahun 2009 silam, angka pemilih mencapai 92 %.

Hal yang sama juga terjadi di Kabupaten Landak dalam Pemilukada Bupati dan Wakil Bupati tahun 2011 lalu, yang berada di atas 90 %.  

0 comments:

Posting Komentar