Kamis, 16 Februari 2012

WARGA MALAYSIA JUGA BEROBAT KE INDONESIA

Ketertinggalan daerah perbatasan Kalbar dengan Serawak terutama di bidang sosial ekonomi, bukan berarti Indonesia sepenuhnya kalah dari Malaysia dalam hal memberikan pelayanan publik. Terbukti di dusun Camar Bulan desa Temajok Kabupaten Sambas yang berbatasan dengan Teluk Melano, justru warga Malaysia yang berobat ke Indonesia.

Saat Ramah Tamah dengan Menteri Kesehatan di Pendopo Gubernur Rabu (14/02/12) malam, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar Andy Jap mengatakan dalam kasus Camar Bulan – teluk Melano, faktanya warga Malaysia yang memanfaatkan pusat pelayanan kesehatan di Indonesia.

Pasalnya di Camar Bulan dengan populasi penduduk sekitar 1.700 jiwa, telah dibangun 1 unit Pustu dan 1 Polindes. Bahkan tidak beberapa lama lagi di sana dibangun Puskesmas rawat inap. Sementara di desa tetangga dengan populasi penduduk sekitar 900 jiwa, belum terdapat pusat pelayanan kesehatan setingkat Puskesmas atau Pustu bagi masyarakat setempat.

Kasus di Camar Bulan – Teluk Melano mungkin suatu pengecualian, karena fakta yang tak terbantahkan saat ini adalah sebagian warga Kalbar lebih memilih untuk berobat ke Rumah Sakit di Kuching Serawak Malaysia dengan alasan pelayanan yang lebih prima.

Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih mengaku prihatin atas kondisi tersebut dan mengatakan bahwa Pemerintah terus berupaya untuk memenuhi pelayanan kesehatan bagi masyarakat, terutama di daerah pedalaman dan terpencil.

Menteri Kesehatan menjelaskan bahwa kebijakan untuk pemenuhan pelayanan kesehatan antar daerah memang berbeda, karena menyesuaikan dengan kondisi dan karakteristik masing – masing daerah. Untuk itu, pada Rakernas yang dijadwalkan akhir bulan Februari, dirinya meminta Pemerintah Provinsi Kalbar menyampaikan program yang dinilai tepat dan efektif untuk memenuhi pelayanan kesehatan di daerah ini, khususnya pada daerah pedalaman dan terpencil.

0 comments:

Posting Komentar