Sabtu, 21 Januari 2012

MUDA MULAI GALANG DUKUNGAN

Ketua DPD Indonesia Bisa Kalbar Muda Antartikawan menunjukkan keseriusannya untuk maju dalam Pemilihan Gubenrur Kalbar 2011, dengan mencari dukungan politik dari sejumlah Parpol. Meskipun saat ini, ia tercatat sebagai Koordinator DPD Partai Demokrat Kalbar, namun agak sulit rasanya maju menggunakan Partai berlambang bintang Mercy ini, karena kemungkinan besar berkoalisi dengan PDI P mengusung pasangan incumbent Cornelis – Christiandy Sandjaya. 
Dihubungi Kamis(19/01/12), Muda Antartikawan mengaku telah mengontak beberapa pimpinan parpol dan menerangkan maksudnya untuk menyalonkan diri. Sesuai amanat konstitusi, setiap pasangan calon yang diusung parpol maupun koalisi parpol, harus memiliki minimal 15 % kursi di DPRD atau 15 % suara. 
Secara terpisah, Ketua DPD Partai Republikan Kalbar, Daniel Tangkau, mengakui telah dihubungi oleh yang bersangkutan, namun, keputusannya masih harus menunggu hasil pembicaraan di internal partai serta menjajaki dialog dengan pengurus parpol lain. 
Di bagian, pengamat politik dari Universitas Tanjungpura Gusti Suryansyah mengatakan, meski Muda Antartikawan tidak sepopuler calon incumbent maupun figur lainnya, namun bukan berarti peluang yang bersangkutan tertutup. Menurutnya semua mempunyai kans yang sama, tergantung kepiawaian dalam menggorganisir kekuatan politik serta kemampuan memainkan isu terkini untuk menarik simpati publik. 
Nama Muda Antartikawan sempat mencuat dalam Pemilukada Bupati Landak 2011 lalu, ketika ia mendaftarkan diri ke KPU setempat dengan membawa 3 orang calon wakil bupati sekaligus. Meskipun pada akhirnya dinyatakan tidak lolos secara administratif dan gagal mengikuti Pilkada, namun kejadian tersebut tercatat sebagai yang pertama kalinya di Landak dan juga di Kalbar. 
Uniknya lagi, walau ia sebagai Koordinator DPD Partai Demokrat Kalbar, tetapi dalam Pilkada Landak, Demokrat justru mengusung kader lain yakni Syahdan Anggoi, yang akhirnya juga gagal mengalahkan bupati incumbent.

0 comments:

Posting Komentar