Sabtu, 21 Januari 2012

CALON UNTUK PILGUB KALBAR BERTAMBAH

Ketua DPD Indonesia Bisa Kalbar, Muda Antartikawan siap meramaikan ajang pemilihan gubernur Kalbar September mendatang, dengan menjadi salah satu kandidat. Niat untuk menyalonkan diri dilandasi keinginan membangun Kalbar lebih baik lagi, terutama di bidang ekonomi dan sosial. Meskipun sejumlah kemajuan telah diraih, namun dalam beberapa hal masih terbilang lambat. 
Dihubungi Rabu (18/01/12), Muda menyontohkan bidang yang belum mendapat perhatian serius adalah pembangunan pendidikan, baik secara kualitas maupun kuantitas. Kalbar masih kekurangan tenaga pengajar, terutama di wilayah pedalaman dan terpencil. Lemahnya mutu pendidikan telah berdampak terhadap kompetensi lulusan berbagai jenjang pendidikan, yang belum terserap secara signifikan di tengah ketatnya persaingan pangsa pasar tenaga kerja. 
Namun, ketika ditanyakan partai politik yang bakal mengusungnya, Muda enggan belum berkomentar, dengan alasan waktunya belum tepat. Dirinya hanya menjanjikan dalam waktu dekat akan segera dipublikasikan. 
Kehadiran Muda Antartikawan secara otomatis menambah daftar nama tokoh, yang akan maju dalam bursa pilgub Kalbar. Selain gubernur Incumbent, Cornelis nama lain yakni Ketua DPD Partai Golkar Morkes Effendi, Ketua DPD Partai Gerindra Abang Tambul Hussein, Staf Panglima TNI Bidang Komunikasi Sosial, Mayjend TNI Armyn Alianyang serta bupati Sintang Milton Crosby. 
Sebelumnya, pengamat sosial politik Universitas Tanjungpura, Prof. Dr. Syarif Ibrahim al-Qadrie menilai, terlepas dari sengitnya persaingan memperebutkan kursi Kepala Daerah, namun banyaknya figur yang tampil menunjukkan sinyal positif bagi perkembangan dan proses demokratisasi di Kalbar. 
Tahapan awal Pemilukada gubernur Kalbar dijadwalkan KPU berlangsung April, sedangkan Pemungutan suara 20 September 2012. Meskipun masih cukup lama, namun beberapa bakal calon telah melakukan berbagai manuver politik, terutama membangun pencitraan melalui media massa. Begitupula parpol, baik yang memperoleh kursi di DPRD maupun parpol non kursi, juga terus menjajaki kemungkinan untuk membentuk koalisi.

0 comments:

Posting Komentar