Kamis, 26 Januari 2012

LAKI KALBAR SIAP KAWAL PILGUB

Lembaga Anti Korupsi Indonesia – LAKI Kalbar siap mengawal seluruh proses tahapan pemilihan gubernur Kalbar, terutama mengawasi terjadinya praktik money politic. Sebab, sudah menjadi trend di kalangan politisi maupun pasangan calon untuk memenangkan Pemilukada, bukan dengan menjual program, tetapi justru melakukan praktik politik uang. Hal itu diungkapkan Ketua LAKI Kalbar Burhanuddin Abdullah, terkait potensi money politic dalam pilgub Kalbar Senin (23/01/12). Ia menilai serangan fajar masih menjadi alternatif bagi pasangan calon, karena dianggap ampuh untuk meraup suara.
LAKI akan kembali menerapkan pola dan strategi pengawasan seperti Pemilukada di Kubu Raya dan Kapuas Hulu untuk Pilgub Kalbar, melalui pengumpulan data dan fakta serta investigasi. Hal ini dapat dilakuan karena jaringan LAKI telah terbentuk hingga ke tingkat RT, meskipun penyampaian informasi masih bersifat manual, namun dapat diyakini keakuratannya.
Apresiasi atas upaya tersebut disampaikan aktivis mahasiswa Glorio Senen, yang mengakui isu terkait politik uang dalam pilkada kerap terjadi, sehingga membutuhkan partisipasi dan kerjasama keras semua pihak untuk mengungkapnya. Kesiapan LAKI untuk memantau pilgub Kalbar merupakan langkah positif, sehingga pesta demokrasi yang nantinya berlangsung dapat menghasilkan pemimpin yang berkualitas.
Menurut Glorio, jika masyarakat memilih hanya berdasarkan uang, justru semakin menyengsarakan rakyat. Karena Kepala Daerah yang menang dan berkuasa tidak segan untuk menghalakan segala cara dalam memerintah, termasuk melakukan korupsi dengan membuat program kerja fiktif guna menutupi ongkos politik yang telah dikeluarkan. Di samping itu, proses demokrasi juga kehilangan esensi, karena pemimpin dan masyarakat juga korup, yang pada akhirnya merusak tatanan demokrasi yang telah dibangun.  

0 comments:

Posting Komentar