Senin, 26 Desember 2011

PEMEKARAN SEKAYAM RAYA TINGGAL RESTU PROVINSI

Upaya 5 Kecamatan di Kabupaten Sanggau yakni Kembayan, Beduai, Balai Karangan, Noyan dan Entikong, untuk membentuk Kabupaten Sekayam Raya terus diperjuangkan. Masyarakat kelima Kecamatan yang berada di perbatasan Kalbar – Malaysia ini berkeinginan kuat untuk membentuk daerah otonom sendiri, sebagai solusi untuk keluar dari keterisolasian wilayah. 
Dihubungi Senin (12/12/11), Ketua Tim Pemekaran Kabupaten Sekayam Raya Kristoforus Lomon mengatakan, berkas pengajuan telah diserahkan ke Pemerintah Provinsi, setelah beberapa kekurangan menyangkut persyaratan administratif dilengkapi. Sedangkan persyaratan lainnya telah dilengkapi seperti ketentuan dalam PP Nomor 78 Tahun 2007, mulai dari kajian akademik, Paripurna DPRD Sanggau serta peta dari Bakosutarnal. 
Kristoforus menerangkan, rencana pembentukan Kabupaten Sekayam Raya telah digulirkan sejak 14 tahun silam, sebagai alternatif untuk keluar dari ketertinggalan. Selain memperpendek rentang kendali pemerintahan, dengan terbentuknya Kabupaten Sekayam juga memberikan kesempatan yang lebih luas bagi masyarakat di 5 Kecamatan tersebut untuk terlibat dalam pembangunan. Apalagi, potensi ekonomi di wilayah perbatasan sangat besar, bahkan sebenarnya perekonomian di Tebedu Malaysia ditopang oleh produksi pertanian dan kehutanan dari perbatasan Sanggau. Dirinya menyontohkan, Supermarket di Tebedu dapat meraih omzet 2 milyar rupiah per hari, dengan para pembeli sebagian besar berasal dari Kalbar. 
Kondisi ini terjadi akibat belum tersedianya infrastruktur yang memadai, sehingga penduduk perbatasan lebih menyukai ke negara tetangga dalam transaksi perdagangan daripada di dalam negeri.

0 comments:

Posting Komentar