Senin, 26 Desember 2011

POLRES BENGKAYANG SIAP AMANKAN NATAL DAN TAHUN BARU

Jajaran Polres Bengkayang telah menyiapkan langkah untuk mengamankan Perayaan Hari Natal 2011 dan Tahun Baru 2012, sesuai Standar Operasional Prosedur – SOP dari Mabes Polri. Dimana sebelum kegiatan dilaksanakan pihak Polres telah mengadakan rapat lintas sektoral, untuk mendapatkan masukan guna menjadi pertimbangan dan skala prioritas dalam pengamanan. 
Dihubungi Kamis (15/12/11), Kapolres Bengkayang AKBP Veris Septiansyah mengatakan, pengamanan di gereja memang menjadi skala prioritas, dengan menempatkan 1 personil di setiap gereja, terutama 75 gereja yang menjadi tempat kegiatan ibadah natal dan ibadah tahun baru dengan jumlah jemaa`at yang membludak. Selain itu, pihaknya juga melakukan pengamanan khusus terhadap 5 objek wisata setempat, yang selalu ramai dikunjungi ketika hari libur, terlebih di masa liburan hari raya keagamaan. 
Di bagian lain, Veris mengakui pihaknya belum menemui kendala berarti dalam pengamanan arus lalu lintas orang maupun barang di pintu perbatasan, yakni di Pos Lintas Batas – PLB Jagoibabang – Serikin Malaysia. Meskipun intensitas warga dari kedua daerah perbatasan memang cukup tinggi, namun pengawasan hingga saat ini masih terkendali. 
Pengawasan terhadap arus lalu – lintas masih terkontrol, karena hanya ada 1 jalur menuju PLB sehingga mempermudah koordinasi dengan aparat dari pihak Malaysia. Apalagi, di PLB Jagoibabang juga telah dibangun Pos Terpadu yang melibatkan semua instansi terkait. Selain itu, status PLB masih belum memiliki aturan ketat seperti yang diterapkan di Pos Pemeriksaan Lintas Batas – PPLB Entikong, sehingga tidak menyulitkan dalam pengawasan. 
Veris mengakui juga intensitas kunjungan dari kedua warga yang tinggal di perbatasan menjelang Hari Raya Natal memang lebih tinggi, dibanding hari – hari biasa. Namun, khusus untuk mereka tidak diberlakukan aturan ketat, mengingat Pemerintah kedua negara memang telah membuat perjanjian yang memberi kemudahan bagi masyarakat yang tinggal di perbatasan untuk saling kunjung, mengingat sebagian besar masih memiliki hubungan kekerabatan.

0 comments:

Posting Komentar