Kamis, 29 Desember 2011

UNTAN TERUS PERLUAS KERJASAMA AKADEMIK

Universitas Tanjungpura (Untan) terus menjalin kerjasama akademik dengan perguruan tinggi dalam negeri dan mancanegara, untuk meningkatkan kualitas pendidikan di perguruan tinggi tersebut. Khusus mancanegara, yang terakhir adalah kerjasama dengan Guang Xi Univesity dari China, dimana MOU telah ditindaklanjuti dengan pembukaan program studi Bahasa Mandarin di Untan. 
Hal itu diungkapkan Pudek IV Untan Prof. Dr. AB. Tangdililing ketika menjawab pertanyaan anggota Komisi IX DPR RI Nursuhud, dalam pertemuan di Balai Petitih Gubernuran Kalbar Senin (19/12/11). Namun, hal ini hanya entry point untuk masuk kedalam studi yang lebih luas, yang dinamakan Confutius Institute. Dari sinilah nantinya dijajaki kemungkinan berbagai studi tentang masyarakat Tionghoa di Kalbar. Bahkan, Kedepan tidak menutup kemungkinan kerjasama dengan Guangzhu, diarahkan menyangkut kajian tentang China secara lebih luas baik dari aspek sosial budaya hingga politik negara China di masa kini. Termasuk kemungkinan kajian tentang laut China selatan. 
Sementara untuk ruang lingkup ASEAN kerjasama Untan, memang masih didominasi dengan perguruan tinggi dari negara tetangga Malaysia, yakni dalam bentuk pertukaran mahasiswa dan dosen serta kerjasama penelitian. 
Pada kesempatan itu, Tangdililing juga menerangkan saat ini telah terbentuk Konfrensi Internasional Antar Universiti Borneo Kalimantan, yang beranggotakan perguruan tinggi dari 3 negara di pulau Kalimantan yakni Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam. Hasil konfrensi telah didokumentasikan kedalam sebuah buku, yang dapat menjadi referensi bagi mahasiswa maupun dosen di semua Universitas di Kalimanatan.

0 comments:

Posting Komentar