Kamis, 01 Desember 2011

UNTAN JALIN KERJASAMA DENGAN UNIVERSITAS MANCANEGARA

Universitas Tanjungpura (Untan) terus melakukan kerjasama dengan sejumlah lembaga dan pusat pendidikan di berbagai negara, untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Yang terbaru adalah membuka program studi Bahasa Mandarin di FKIP, yang kemudian diikuti dengan mendirikan Pusat Bahasa Mandarin. Untuk mendukung program studi Bahasa Mandarin, Untan mengadakan kerjasama dengan Guang Xi Univesity for Nasionality dari RRC.
Hal itu diungkapkan rektor Untan Prof. Thamrin Usman, saat memberikan sambutan dalam Wisuda Periode I Tahun Akademik 2011-2012 Rabu (30/11/11). Dirinya berharap dengan kehadiran kedua hal tadi, semakin memperkuat eksistensi Untan, bukan hanya di level regional dan nasional tetapi juga di kancah internasional.
Thamrin juga mengatakan pada Februari 2012 mendatang, Untan akan melaunching American Corner, yakni pusat untuk mempelajari hal tentang Amerika Serikat, khususnya di bidang pendidikan dan kebudayaan. Hal ini merupakan tindaklanjut dari hasil US – Indonesia Higher Education Summit/ Pertemuan Bidang Pendidikan Tinggi antara AS – Indonesia di Washington DC Oktober 2011 lalu.
Pada kesempatan itu, Thamrin menyebutkan bahwa Untan tengah menjajaki kerjasama akademik dengan beberapa universitas terkemuka di Amerika Serikat, sebagai implementasi dari pertemuan di Washington. Diantaranya dengan Maryland University dan Washington University dalam bentuk pertukaran mahasiswa dan dosen serta kerjasama penelitian.
Kedua belah pihak memang telah merumuskan beberapa hal yang paling esensial, dalam meningkatkan pertukaran akademik dan memperluas kerjasama di bidang pendidikan.

0 comments:

Posting Komentar