Sabtu, 24 Desember 2011

KADIS PU LURUSKAN PROYEK JALAN NGABANG – SERIMBU

Kepala Dinas PU Kalbar, Jakius Sinyor membantah proyek pemeliharaan ruas jalan Ngabang – Serimbu, tidak sesuai dengan harapan seperti yang diprotes beberapa pihak. Menurutnya pengerjaan jalan sepanjang 4 Km tersebut, baru dalam tahap awal, sehingga masih terlalu dini untuk menilai proyek menyalahi aturan. 
Ditemui Selasa (13/12/11), Jakius Sinyor mengatakan, telah menginstruksikan pejabat terkait untuk meninjau lokasi sekaligus meluruskan permasalahan yang sebenarnya, agar tidak terjadi kesimpangsiuran dalam pemberitaan. Bahkan, dirinya telah mengontak langsung kontraktor untuk mempertanyakan persoalan ini dan tidak terjadi kesalahan dari prosedur pengerjaan jalan. 
Sedangkan Kepala Bidang Bina Marga Dinas PU Kalbar, Putu Srinata meyakinkan jika pengerjaan ruas jalan sesuai mekanisme, termasuk material maupun komposisi bahan yang dipergunakan. Meskipun pengerjaan proyek diperkirakan terlambat dari waktu pelaksanaan, namun, semua itu merupakan konsekuensi dari kontraktor, yakni PT. Cendana Kencana Semesta. 
4 hari lalu, Kepala desa Engkadu mengkritik pengerjaan ruas jalan Ngabang – Serimbu, tepatnya di depan Balai desa setempat sepanjang 6 meter, karena jalan yang semulanya tanah hanya ditimpa dengan aspal saja tanpa dilapisi beton. Bahkan, ketinggian aspal dari tanah hanya berkisar 2,5 cm. Padahal setiap jalan rabat beton harus dilapisi dengan tulang besi, baru kemudian dilapisi aspal yang tebal. Akibatnya, aspal beberapa bagian ruas jalan telah terkelupas, meskipun baru saja dikerjakan. 
Pengerjaan pemeliharaan berkala ruas jalan Ngabang – Serimbu diresmikan oleh gubernur Kalbar 27 November 2011 lalu, menggunakan DAK dan APBD 2011 dengan nilai kontrak mencapai 7,5 M. Sedangkan target penanganan efektif sepanjang 4 Km dan fungsional sepanjang 3 Km dengan waktu pelaksanaan selama 175 hari.

0 comments:

Posting Komentar