Kamis, 29 Desember 2011

IKLIM POLITIK INDONESIA BELUM SEHAT

Ketua Badan Kehormatan KPU Pusat, Prof Dr Jimly Asshiddiqie menilai iklim demokrasi di Indonesia saat ini belum sehat. Hal ini karena peran partai politik yang sangat dominan dalam berbangsa dan bernegara, sementara iklim demokrasi di internal partai belum berkembang dengan baik. Sehingga sebuah keputusan politik masih tergantung dari sebuah patron politik masing-masing. 
Ditemui Jum`at (16/12/11), Jimly menyebutkan, dari 9 partai besar yang ada di Indonesia, yang berperan adalah Ketua Umum, Dewan pembina maupun Ketua Dewan Syuro. Sedangkan lainnya hanya sebagai pelengkap. Dengan demikian hanya ada 9 orang yang memimpin sekaligus menentukan kebijakan di Indonesia saat ini, termasuk di dalamnya Kepala Negara dan hal inilah sebenarnya yang menjadi titik lemah dari sistem Demokrasi Indonesia. Untuk itu, semua parpol harus berupaya secara bersama-sama membangun iklim politik yang sehat, dengan membawa sistem demokrasi keluar dari asumsi yang salah. 
Di bagian lain, Jimly juga mengharapkan, kepada seluruh anggota partai politik untuk tidak takut dalam berbeda pendapat, terutama dalam berdemokrasi. Apalagi untuk memperjuangkan kepentingan masyarakat, maka kepentingan partai harus dikesampingkan. Terkait banyaknya jumlah partai yang ada saat ini, menurutnya hal itu tidak perlu lagi dipermasalahkan. Justru yang perlu diupayakan adalah bagaimana menyederhanakan jumlah fraksi di legislatif, sehingga mempermudah dalam pengambilan keputusan politik.

0 comments:

Posting Komentar