Minggu, 13 November 2011

REUNI PERTAMA ALUMNI FISIP UNTAN

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, sejak berdirinya FISIP UNTAN 46 tahun silam, para alumni dari berbagai angkatan berkumpul dalam suatu ajang yang bernama REUNI. Aneh kedengaarnnya, tapi itulah faktanya. Jum`at (11/11/11) Reuni Akbar Alumni FISIP berlangsung di kampus, ratusan alumni yang datang berasal dari berbagai angkatan dan tersebar di berbagai daerah di Kalbar, bahkan ada yang datang dari luar Kalbar. Ali Busron alumni 92` sengaja datang dari Tapanuli Sumatera Utara, hanya untuk berkumpul lagi dengan teman – teman semasa kuliah. Suasana terasa penuh keharuan, karena ada diantara alumni yang baru berjumpa setelah 20 tahun.
Hari berikutnya Sabtu (12/11/11), Kongres I Alumni FISIP yang berlangsung di aula, akhirnya mendaulat anggota DPR RI asal Kalbar, Lazarus S.sos sebagai Ketua IKA FISIP Periode 2011 – 2015. Lazarus terpilih untuk menakhodai IKA FISIP melalui perdebatan yang cukup alot dari para perserta Kongres. Karena dari 5 calon yang mendaftar ke Panitia, hanya yang bersangkutan saja melengkapi semua persyaratan. Sedangkan 4 calon lainnya yakni, Firdaus Zar`in, Very Judo Butar – Butar, Nagian Himawan dan Harris Harahap, terpaksa dianulir karena adanya persyaratan yang tidak dilengkapi mereka semua. Awalnya, sebagian peserta menghendaki agar keempat calon tetap diakomodir, tetapi dalam voting terbuka ternyata mayoritas peserta Kongres tetap berpedoman pada aturan yang tertuang dalam tatib, bahwa calon harus memenuhi semua persyaratan. Secara otomatis Lazarus terpilih menjadi Ketua IKA FISIP, karena ia saja yang memenuhi kelengkapan persyaratan.
Dihadapan para peserta Kongres, Lazarus menyatakan, yang paling penting saat ini, pertama adalah membangun komunikasi dari sesama alumni, idealnya memiliki homebase, terlebih lagi media. Karena setelah menamatkan kuliah, para alumni sangat membutuhkan informasi, terutama yang baru tamat sangat membutuhkan peluang kerja.
Kedua memotivasi para mahasiswa dan alumni FISIP agar dapat melakukan inovasi dan kreasi. Terkesan saat ini FISIP antara ada dan tiada. Dibilang ada tapi gaungnya tidak begitu siginifikan. Dibilang tidak ada jelas tidak mungkin, karena tiap tahun meluluskan sarjana. Tapi, para alumni dan mahasiswa FSIP tidak perlu berkecil hati, karena semua orang bisa meraih kesuksesan asalkan mau berusaha dan bekerja keras.
Dalam waktu dekat Lazarus akan mencari lokasi yang ideal pada titik yang strategis untuk Sekreatriat, yang nantinya dapat dipergunakan para alumni untuk berkumpul. Sekaligus menunjukan bahwa organisasi ini ada. Sebagai Ketua yang pertama ia berupaya dengan sekuat tenaga untuk mewujudkan hal tersebut, paling tidak beberapa diantaranya dapat terealisasi. Dirinya juga berjanji untuk menjadi ketua pada periode ini saja, periode selanjutnya diserahkan pada alumni yang lain, tetapi dirinya tetap akan memback up. Agar dinamika IKA FISIP terus berkembang.
Lazarus juga berjanji akan mendanai semua kebutuhan untuk membangun Sekretariat dan menggaji para staf yang nantinya ditempatkan di setiap bidang kesekretariatan selama masa kepemimpinannya. Dirinya tidak ingin memberatkan alumni yang lain, namun tetap membutuhkan bantuan dari para alumni dalam mengembangkan organisasi, sehingga kedepan IKA FISIP memiliki gaung yang lebih signifikan.
Salah seorang anggota Panitia Reuni Akbar & Kongres I IKA FISIP Muniri Sos, menuturkan awal untuk mengadakan reuni muncul dari Facebook FISIP yang dibuat oleh seorang alumni Hery Tayan. Gagasan kemudian didiskusikan ke beberapa alumni dan mendapat respon positif. Bahkan alumni yang tinggal di luar Kalimantan juga mendukung, sehingga kian memotivasi untuk menyelengarakan reuni. Apalagi sejak berdirinya FISIP belum pernah ada gawe untuk berkumpul bagi para alumni. Perencanaan berlangsung kurang lebih 3 bulan, yang dimulai pertengahan Agustus 2011.
Panitia lainnya Very Judo Butar-Butar menjelaskan rangkaian kegiatan yang digelar untuk memeriahkan Renui & Kongres IKA FISIP antara lain menyelenggarakan Pentas Musik di Halaman Kampus pada Sabtu malam serta mengadakan Lomba Gerak Jalan Santai Minggu pagi. Untuk itu, dirinya mengundang seluruh mahasiswa, kalangan dosen dan pegawai, para alumni UNTAN serta masyarakat umum untuk datang. Khusus untuk gerak jalan santai, akan dimeriahkan dengan penampilan Marching Band dari Institut Ilmu Pemerintahan (IIP) Kalbar, yang akan mengiringi seluruh peserta sepanjang rute yang telah ditetapkan pihak panitia.


0 comments:

Posting Komentar