Minggu, 13 November 2011

ANGGARAN PEMBANGUNAN PERBATASAN MASIH KECIL

Pemerintah dinilai masih lambat dalam mewujudkan percepatan pembangunan kawasan perbatasan, belum sesuai dengan janji perubahan yang selalu digaungkan. Terbukti anggaran untuk membiayai kegiatan dan program pembangunan yang diusulkan dalam RAPBN 2012 nilainya masih kecil, berkisar 4 trilyun rupiah. Ditemui Jum`at (11/11/11), anggota Komisi X DPR RI Zulfadhli mengatakan, meskipun naik 1.000 % dibanding tahun lalu sebesar 149 milyar, namun nominal anggaran masih jauh dari kebutuhan.
Apalagi, berbagai persoalan yang menyelimuti perbatasan begitu kompleks, sehingga menuntut penyelesaian secara komprehensif. Konsekuensinya tentu harus didorong melalui alokasi yang anggaran yang mencukupi, tetapi realitanya justru sebaliknya. Selain itu, penanganan untuk perbatasan oleh kementrian dan lembaga terkait juga dinilai masih sektoral, dimana masing – masing berjalan sendiri, tidak terkoordinasi secara sinergis.
Terkait pembentukan BNPP, meskipun cukup baik karena adanya lembaga khusus yang mengelola perbatasan, namun dengan terbatasnya anggaran, “Zulfadhli pesimis dapat berjalan optimal. Untuk itu, pemerintah perlu meningkatkan alokasi anggaran, agar semua program yang telah disusun dapat berjalan dan segera dirasakan oleh masyarakat.


0 comments:

Posting Komentar