Sabtu, 12 November 2011

GOLKAR DORONG PENINGKATAN PT DAN PENAMBAHAN DAPIL

PONTIANAK. Fraksi Golkar DPR RI tetap bersikukuh meloloskan ambang batas perolehan kursi partai politik untuk memasuki parlemen (Parliamentary Treshold) pada Pemilu 2014 sebesar 5 %. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki sistem politik nasional, dengan menyederhanakan jumlah partai politik melalui UU Pemilu.
Ditemui Jum`at (11/11/11), anggota fraksi Golkar DPR RI Zulfadhli mengatakan, peningkatan PT bukan untuk memberangus partai kecil, seperti yang dituding sebagian politisi dari partai menengah. Karena banyaknya jumlah parpol yang memiliki kursi di parlemen saat ini, ternyata menyulitkan pemerintah untuk memutuskan kebijakan strategis.
Namun, aturan yang dibuat tentunya tetap mengedepankan azas keadilan, sehingga pengalaman di masa lalu dimana begitu banyak suara yang tidak terkonversi menjadi kursi dapat dihindari. Saat ini fraksi Golkar dan PDI telah menyepakati ambang batas sebesar 5 %, fraksi Demokrat mengusulkan 4 %, sedangkan fraksi – fraksi partai menengah mengajukan 4 %.
Tidak menutup kemungkinan nantinya terjadi kompromi politik sehingga angka PT bisa lebih rendah, tetapi yang jelas hingga saat ini fraksi Golkar tetap mengusulkan 5 %.
Selain itu, fraksi Golkar juga memandang perlu adanya penambahan Daerah Pemilihan/Dapil, untuk mengurangi banyaknya suara yang hilang atau tidak terkonversi menjadi kursi. Idealnya, antara 3 hingga 6 kursi untuk setiap Dapil.

0 comments:

Posting Komentar