Rabu, 30 November 2011

KEPALA DESA TANYAKAN REALISASI DANA OPERASIONAL

24 Kepala Desa di Kecamatan Telok Keramat Kabupaten Sambas, mempertanyakan realisasi bantuan dana operasional bagi Pemerintahan desa dari Pemerintah Provinsi Kalbar. Sebab, hingga November 2011 bantuan yang dijanjikan belum terealisasi. Padahal, sebelumnya gubernur Kalbar Cornelis pernah menjanjikan bahwa setiap desa di Kalbar, mendapatkan bantuan operasional melalui APBD Tahun 2011 sebesar Rp. 2.250.000 per bulan, masing – masing untuk Kepala desa Rp. 750.000, PKK Rp. 750.000 serta Posyandu Rp. 750.000,-.
Kepala Desa Kecamatan Telok Keramat Erizaldi mengatakan, dana operasional bagi perangkat desa selama ini masih bergantung pada dana ADD yang bersumber dari APBN 2011. Jumlahnya sangat terbatas sehingga tidak sebanding dengan biaya yang diperlukan, untuk menjalankan berbagai kegiatan yang telah diprogramkan.
Menjawab hal itu, anggota Komisi C DPRD Kalbar Tony Kurniadi menyarankan agar para Kepala Desa, menanyakan langsung ke instansi terkait di Kabupaten Sambas. Sebab, bantuan telah dialokasikan melalui APBD 2011 dengan besaran Rp. 500.000, per bulan untuk setiap desa. Sehingga mustahil belum diterima oleh Pemerintah Kabupaten.
Lebih lanjut, Tony menegaskan jika memang Pemerintah Kabupaten sengaja menghambat untuk mengucurkan dana tersebut, dirinya berjanji untuk memberikan bantuan. Kendati demikian, dirinya meminta agar para Kepala Desa tidak berfikiran negatif, karena mungkin saja terdapat persoalan teknis atau administrasi yang menyebabkan pencairannya terhambat. Untuk itu, sebaiknya diperiksa terdahulu dengan mendatangi langsung pejabat yang diberi kepercayaan untuk mengurusi bantuan tersebut.


0 comments:

Posting Komentar