Minggu, 23 Oktober 2011

AKHIRI KONFLIK KNPI DI KONGRES BERSAMA

DPD KNPI Kalbar berharap Kongres Bersama KNPI Pusat yang berlangsung 25 – 28 Oktober 2011 di Jakarta, dapat mengakhiri dualisme kepemimpinan di tubuh KNPI pusat. Karena selama ini KNPI pusat terbelah menjadi 2 kubu, yakni kubu Azis Syamsuddin hasil Kongres Bali dan kubu Dolly Kurnia hasil Kongres Ancol.
Ditemui Jum`at (21/10/11), Sekretaris DPD KNPI Kalbar Martin Sudarno menyatakan kedua kubu yang bertikai mengklaim sebagai pengurus KNPI yang syah, sehingga berdampak terhadap pengurus KNPI di daerah. Termasuk di Kalbar yang yang juga terbelah menjadi 2 kubu, yakni ; kubu Adi Cahyono yang pro kongres Bali dan kubu Darwis Arafat – Ireneus Kadem yang pro Kongres Anco. Dirinya sendiri berada dalam kepengurusan Adi Cahyono.
Namun, di tingkat Kabupaten Kota, hanya KNPI Singkawang yang terbelah. Sedangkan KNPI di 13 Kabupaten Kota lainnya, tetap solid mengakui kubu Azis Syamsuddin hasil Kongres Bali.
Martin menyebutkan, selain kedua pengurus DPD KNPI Kalbar, seluruh pengurus KNPI Kabupaten Kota akan menghadiri Kongres, termasuk dua kubu KNPI di Singkawang. Selain menyatukan kembali KNPI, agenda Kongres Bersama adalah memilih kepengurusan baru dan merumuskan program kerja kedepan.
Martin mengakui akibat adanya dualisme pengurus di tubuh KNPI Kalbar, maka Pemerintah Provinsi terpaksa menghentikan sementara anggaran pembinaan hingga berakhirnya konflik internal. Hal ini telah berlangsung selama 1,5 tahun, dimana nilai anggaran pembinaan yang dikucurkan pemerintah sebesar 500 juta rupiah per tahun.
Pada tahun 2010 pihaknya masih menerima dana untuk termin pertama, namun di termin kedua terpaksa dihentikan pemerintah, karena adanya komplain dari kubu Darwis Arafat – Ireneus Kadim.
Ditambahkan Martin, pasca Kongres Bersama di Jakarta, kedua kubu KNPI Kalbar telah menyepakati untuk mengadakan Musyawarah Provinsi – Musprov, dengan agenda utama menyatukan kembali KNPI, sehingga dapat menjadi mitra pemerintah dalam melaksanakan program bidang kepemudaan.

0 comments:

Posting Komentar