Kamis, 22 September 2011

WAGUB COBA AMANKAN POLITIK PEMILUKADA 2012

Ketua fraksi PAN DPRD Kalbar Syarif Izhar Assyuri mensinyalir himbauan Wakil Gubenur Kalbar Christiandy Sandjaya, agar Kepala SKPD tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis, sebenarnya justru mendorong para birokrat untuk mendukung agenda Pemilukada tahun 2011.
Ditemui Senin (12/09/11), Izhar menyatakan, meskipun sepintas lalu hal itu sepertinya berupa ajakan agar PNS tetap menjaga netralitas, tetapi sebenarnya jika diteliti secara mendalam merupakan suatu ultimatum agar para birokrat, tidak melakukan sesuatu yang bertentangan dengan kepentingan politik Wakil Gubernur. Jadi, sebenarnya himbauan tersebut hanya sebuah kamuflase, untuk mengamankan agenda politik Pemilukada Gubernur & Wakil Gubernur tahun 2012.
Terlepas apakah yang bersangkutan tetap sebagai wakil gubernur dan masih berpasangan dengan Cornelis MH, ataupun memilih maju sebagai calon gubernur dan berpasangan dengan figur lain.
Lebih lanjut, Syarif Izhar menyarankan wakil gubernur jika mendengar adanya indikasi bawahannya terlibat kegiatan politik, sebaiknya melakukan klarifikasi langsung dengan yang bersangkutan. Jika memang terbukti seperti hal yang dimaksud, tentunya ada aturan penindakan sebagai dasar hukum yang tertuang dalam UU Kepegawaian.
Begitupula jika ada temuan Kantor Pemerintahan dijadikan lokasi ataupun menjadi tempat pemasangan baliho, umbul – umbul dan spanduk dari partai politik, tokoh politik maupun kegiatan politik juga telah ada aturan hukumnya untuk ditindaklanjuti. Sebelumnya, saat pelantikan pejabat eselon III di lingkungan Pemerintah Provinsi beberapa waktu lalu, Christiandy Sandjaya kembali menghimbau agar Kepala SKPD maupun jajaran birokrat, untuk tetap menjaga netralitas.
Tujuanannya adalah untuk menjaga loyalitas dan kinerja PNS sendiri, jika hasil Pemilukada nantinya menetapkan adanya pergantian pucuk pimpinan daerah. Para PNS sebaiknya tidak ambil pusing, apalagi ikut secara aktif mengkampanyekan salah satu kandidat yang bersaing dalam pemilukada. Karena dampak dari tindakan itu, tentunya sangat berpengaruh terhadap karier PNS bersangkutan.




0 comments:

Posting Komentar