Kamis, 22 September 2011

PEDULI LINGKUNGAN, DEMOKRAT TANAM 5 RIBU TREMBESI

Tidak hanya sibuk mengurusi perpolitikan, ternyata kader Partai Demokrat Kalbar juga peduli terhadap pelestarian lingkungan, khususnya yang tergabung dalam fraksi Demokrat DPRD Kalbar. Hal itu ditunjukkan kader partai berlambang mercy ini dengan melakukan penanaman 5 ribu pohon trembesi, di sepanjang Jl. Ahmad Yani pagi ini Sabtu (17/09/11).
Ditemui Jumat (16/09/11), Ketua fraksi Demokrat DPRD Kalbar Ary Pudyanti mengatakan, kegiatan penanaman dalam rangka HUT Demokrat Kalbar ke 10. Apalagi, saat ini isu lingkungan tengah menjadi isu sentral dan peningkatan perekonomian terkadang tidak berjalan beriringan, seperti pembukaan kawasan untuk kelangsungan industri berdampak pada hilangnya kawasan hijau.
Kegiatan ini menunjukkan konsistensi partai, melakukan upaya pelestarian lingkungan sebagai wujud kepedulian, tanggung jawab, serta kepekaan terhadap lingkungan hidup. Di samping itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memberikan inspirasi bagi semua lapisan masyarakat, agar bersama-sama berusaha mengurangi pemanasan global. Pihaknya mencoba menularkan semangat peduli lingkungan dan mengajak seluruh masyarakat Kalbar, untuk menanam dan merawat pepohonan di lingkungan masing – masing.
Lebih lanjut, Ary menjelaskan dipilihnya jenis pohon trembesi, karena memiliki daya serap gas CO2 yang sangat tinggi, dimana satu batang pohon trembesi usia 5 tahun mampu menyerap 28 ton gas CO2 setiap tahun. Selain itu, trembesi mampu menurunkan konsentrasi gas secara efektif, sebagai tanaman penghijauan, dan memiliki kemampuan menyerap air tanah dengan akar dan batang yang kuat. Apalagi, berdasarkan pertemuan Presiden SBY di Swis beberapa waktu lalu, yang juga dihadiri Gubernur Kalbar, Cornelis, pohon trembesi merupakan salah satu terobosan baru untuk mengatasi global warming.



0 comments:

Posting Komentar