Minggu, 28 Agustus 2011

PLN TERUS PASOK LISTRIK KE WILAYAH TERPENCIL

PT. PLN wilayah Kalbar terus berupaya untuk memenuhi ketersediaan listrik, terutama pada wilayah pedalaman dan terpencil, melalui beberapa program terobosan. Bahkan, mendisain melalui Rencana jangka pendek, menengah dan panjang. Dalam Dialog Interaktif di RRI Pontianak Rabu (03/08/11), Manajer Teknik PT. PLN Kalbar Andreas Heru Sumaryanto mengatakan, program untuk memenui kebetuhan energi listrik pada kawasan perbatasan Kalbar - Serawak, telah ditandatangani kerjasama berupa pembelian listrik.
Saat ini 2 titik diantaranya telah terkoneksi dan beroperasi yakni Badau dan Lanjak, sementara di Entikong memang tertunda karena masih terkendala menyangkut titik sambung dari Malaysia. Sebenarnya untuk Entikong, PLN siap menyuplai dari mesin PLTD Sanggau.
Untuk merealisasikan pembelian listrik dari Malaysia 2014 mendatang, pihak PLN tengah mempersiapkan pembangunan transmisi dari Sanggau ke perbatasan sepanjang 90 kilometer. Semua itu, termasuk bagian dari program jangka menengah, yang memprioritaskan pemenuhan energi listrik bagi wilayah pedalaman dan terpencil.
Lebih lanjut, Andreas menjelaskan pihak PLN juga tengah mewacanakan pembangunan listrik second, untuk menjangkau wilayah pedalaman dan terpencil. Hal ini tengah dibahas untuk menjadi salah satu terobosan PLN menjangkau masyarakat, yang masih termasuk dalam daftar penantian. Tetapi memang masih perlu pembahasan lebih lanjut, terutama kesepahaman dari pemerintah daerah.
Sebenarnya PLN sangat membutuhkan adanya program dari pemerintah, untuk melakukan pemusatan kawasan pemukiman penduduk, sehingga mempermudah PLN membangun mesin dan jaringan listrik.
Andreas menyebutkan untuk jangka panjang tahun 2020 mendatang PLN telah memploting untk membangun transmisi dari Pontianak ke Tayan, dan selanjtnya ke ke tapang sehingga seluruh Kalbar nantinya terkoneksi.


0 comments:

Posting Komentar