Minggu, 28 Agustus 2011

DPR JANJI TAMBAH ANGGARAN PEMBANGUNAN PERBATASAN

DPR RI terus berupaya meningkatkan percepatan pembangunan pada kawasan perbatasan, melalui penambahan alokasi anggaran dalam APBN. Hingga kini total anggaran yang ditransfer ke daerah telah mencapai 400 trilyun rupiah atau 30 % dari total APBN Tahun 2011 sebesar 1.200 trilyun.
Ditemui di Pontianak Minggu (07/08/11), Wakil Ketua DPR RI Anis Matta mengakui anggaran yang telah dikucurkan pemerintah, masih belum menjangkau luasnya wilayah perbatasan, terutama infrastruktur jalan. Apalagi, kondisi wilayah perbatasan yang masih tertinggal, karena infrastruktur dasar yang belum memadai.
Untuk itu, dalam penyusunan RAPBN Tahun 2012, dirinya mengupayakan adanya penambahan alokasi anggaran untuk peningkatan infrastruktur jalan di perbatasan. Namun dirinya meminta persoalan tidak diperluas, tapi fokus untuk dibenahi secara bertahap. Jika memang nantinya disetujui Badan Anggaran DPR, penambahan anggaran dapat diploting melalui Dana Penyesuaian Infrastruktur Daerah – DPID.
Lebih lanjut, Anis Matta menjelaskan setiap dana APBN yang dikucurkan ke daerah, selalu disertai dengan dana pendampingan oleh Provinsi maupun Kabupaten Kota. Hal ini bagian dari kontrol terhadap peruntukan alokasi anggaran. Untuk merealisasikan adanya peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui dana transfer daerah, tentunya juga harus mendapatkan dukungan politis dari semua elemen di DPR RI termasuk unsur pimpinan.

0 comments:

Posting Komentar