Minggu, 28 Agustus 2011

PELUANG WNI BEKERJA DI ORGANISASI INTERNASIONAL

Peluang untuk bekerja di organisasi internasional, ternyata belum menjadi prioritas bagi para pencari kerja Indonesia. Padahal, peluang untuk mengisi berbagai lowongan dan posisi di organisasi internasional sangat terbuka, khususnya pada tingkat profesional mulai dari ASEAN, Bank Pembangunan Asia, Bank Dunia hingga PBB.
Ditemui seusai seminar Lowongan Kerja Internasional di Pontianak, Selasa (09/08/11), Sekretaris Ditjen Multibilateral Kementrian Luar Negeri D. Supratikto mengatakan, lulusan dari semua disiplin ilmu memiliki kesempatan yang sama, yang terpenting menguasai Bahasa Inggris yang baik.
Jauh lebih diprioritaskan bagi sarjana yang juga menguasasi bahasa resmi internasional, seperti Bahasa Prancis, Spanyol dan Bahasa Arab. Saat ini Indonesia mengikuti lebih dari 20 organisasi internasional, dengan kewajiban membayar iuran per tahun jika ditotal mencapai 250 milyar rupiah.
Sementara itu, Ratih Ramelan dari Sekretariat ASEAN menjelaskan, kualifikasi pendidikan yang dipersyaratkan untuk bekerja di organisasi internasional, seperti ASEAN minimal Sarjana. Untuk mengetahui peluang pekerjaan, peminat dapat mengakses situs sekretariat ASEAN, karena proses pengiriman lamaran dilakukan secara on line.
Ratih menyatakan saat ini peluang yang dapat dilirik oleh pencari kerja nasional di ASEAN yakni di bidang Technical Officer dan Technical Assistant. Khusus untuk Technical Officer minimal strata 2 dan diprioritaskan bagi mereka yang berpengalaman di Organisasi Non pemerintah/NGO 3 hingga 5 tahun. Sedangkan Technical Assistant minimal S1 dengan pengalaman 1 hingga 3 tahun.


0 comments:

Posting Komentar