Sabtu, 23 Juli 2011

KALBAR TETAP USULKAN FORMASI CPNS

Pemerintah Pusat terus membahas rencana moratorium atau penghentian sementara penerimaan CPNS tahun 2011. Kebijakan ditempuh untuk mengurangi pembengkakan anggaran negara melalui belanja pegawai. Kendati demikian, Provinsi Kalbar tetap mengajukan formasi penerimaan CPNS tahun 2011, yang masih kekurangan pegawai terutama di bidang teknis.
Ditemui Senin (18/07/11), Wakil gubernur Kalbar Christiyandi Sandjaya mengatakan, BKD akan mendata ulang berapa kebutuhan formasi CPNS pada beberapa bidang yang masih kekurangan pegawai, diantaranya tenaga pendidik dan tenaga kesehatan.
Sementara Kepala BKD Kalbar Robertus Isdius menjelaskan, hingga tahun ini, anggaran belanja pegawai dalam APBD Kalbar terbilang kecil dibanding belanja langsung. Sehingga acuan Pemerintah Pusat terkait beban anggaran yang dialami keuangan negara, kemungkinan terjadi di daerah lain. Hal ini telah disampaikan pada Kementerian PAN & Reformasi Birokrasi, untuk menjadi pertimbangan agar Kalbar tetap mendapat kuota penerimaan CPNS.
Moratorium CPNS kini masih dikaji secara mendalam pemerintah pusat, mulai dari undang-undang, Peraturan daerah hingga data keseluruhan pegawai. Selain faktor pembengkakan anggara, alasan lain pemerintah memberlakukan moratorium adalah perampingan birokrasi. Selama ini terdapat ketidaksesuaian antara formasi yang kosong dengan formasi yang diusulkan, sehingga birokrasi menjadi gemuk dan tidak efektif.

0 comments:

Posting Komentar