Sabtu, 23 Juli 2011

5 DAERAH DI KALBAR DAPAT JATAH USAID

5 Kabupaten Kota di Kalbar terpilih menjadi mitra Program Kinerja – USAID (United States Agency for International Development) untuk tahun 2011. Yakni Kabupaten Sekadau, Melawi, Sambas, Bengkayang dan Kota Singkawang. Kelima daerah menerima bantuan dana untuk meningkatkan pelayanan publik di sektor iklim usaha, pendidikan dasar dan kesehatan.
Direktur Program Pemantapan dan Kemitraan USAID Ellke Rapp, usai penandatanganan MOU di Gubernuran Kalbar Selasa (19/07/11), menjelaskan, Kalbar termasuk satu dari 4 provinsi di Inonesia, yang menjadi mitra Kinerja – USAID. 3 provinsi lainnya yakni NAD Aceh, Jawa Timur dan Sulawesi Selatan. Keempat daerah tersebut dinilai menunjukan kesenjangan signifikan, antara Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB).
Kerjasama USAID dengan Pemerintah Indonesia juga bertujuan untuk mengetahui hambatan yang terjadi di lapangan, karena Amerika juga sempat mengalami hal yang sama dalam melaksanakan otonomi.
Sementara itu, Wakil Gubernur Kalbar Christiyandi Sandjaya mengharapkan, Kabupaten Kota yang menerima bantuan USAID, dapat menjalankan program kerja yang telah di sepakati. Sedangkan Pemerintah Provinsi tetap memonitor langsung pelaksanaan di lapangan, sehingga kedepan program dapat diajukan bagi Kabupaten Kota lain.
Kinerja USAID atau Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat, mengalokasikan dana sebesar 30 juta Dollar AS untuk meningkatkan pelayanan publik di sektor iklim usaha, pendidikan dan kesehatan di Indonesia.
Kegiatan berlangsung di 20 Kabupaten Kota pada 4 provinsi di Indonesia (masing – masing provinsi 5 Kabupaten Kota) selama 4,5 tahun, mulai Oktober 2010 hingga Februari 2015.  KINERJA – USAID mengapresiasi Pemerintah provinsi Kalbar, karena menjadi satu-satunya daerah yang menyediakan Kantor Perwakilan USAID dan paling cepat merespon program ini.

0 comments:

Posting Komentar